Surat Terbuka Tuk Presiden Joko Widodo : Ajak Anggota OKI Tarik Dubesnya Dari AS!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Yth. Presiden Joko Widodo,

Begitu mendengar Donald Trump, Presiden AS, menyatakan mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel, saya marah, sedih, dan geram. Saya marah karena ia sengaja tidak berlaku adil dengan hanya mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel, namun tidak langsung mengakui Kemerdekaan Palestina. Inilah akar sengketa yang membuat perdamaian di antara Palestina-Israel tidak kunjung terjadi.

Saya sedih memikirkan rakyat Palestina, yang mengakui kemerdekaan Indonesia sedari awal, harus berjuang lebih lama dan lebih keras lagi untuk meraih kemerdekaannya. Sudah pasti Pemerintah Israel menari-nari di atas penderitaan rakyat Palestina, di antara kepedihan dan tangis anak-anak Palestina, di antara darah dan airmata para orang tua Palestina.

Dan saya geram dengan langkah sembrono Presiden AS saat ini yang tidak peduli dengan kejamnya penjajahan Israel atas Palestina. Geram dengan Undang-Undang AS yang berat sebelah memihak Israel dan memusuhi Palestina. Tidak habis pikir dengan kelakuan sebagian elit negeri ini yang mendukungnya menjadi Presiden AS.

Rasa marah, sedih, dan geram inilah kiranya yang juga dirasakan oleh para pemimpin negara-negara anggota OKI, termasuk Indonesia, sehingga mengecam, mengutuk, dan menolak pengakuan Yerusalem sebagai Ibukota Israel oleh Donald Trump.

Namun apa artinya kata-kata kecaman dan kutukan dari beratus-ratus mulut bagi seorang Trump? apa efeknya menolak kebijakan Presiden AS bila hanya sekedar dalam pidato saja? apakah kecaman, kutukan dan tolakan itu bisa membuat Trump ketakutan dan mencabut kebijakannya? apa kecaman, kutukan dan penolakan tersebut dapat menenangkan kegundahan dan kegelisahan rakyat Palestina? TIDAK, itulah jawabannya.

Bapak Presiden Joko Widodo, anda telah berhasil mengajak negara-negara anggota OKI untuk berkumpul membahas persoalan di atas. Ini bukti bahwa kini anda juga telah diakui sebagai seorang pemimpin yang disegani di kancah internasional. Saatnyalah bertindak dengan lebih berani dan lebih tegas lagi, dengan mengajak negara-negara anggota OKI untuk menarik Duta Besarnya dari Amerika Serikat. Jadilah pelopor dengan menarik Dubes RI dari AS sebelum pertemuan OKI berlangsung!

Niscaya spirit Bung Karno, yang pernah melontarkan ujaran "GO TO HELL WITH YOUR AID" ke AS, akan terus menyertai dan merestui langkah-langkah berani Bapak Presiden Joko Widodo. Aminn ...!



Hari ini: Rangga mengandalkanmu

Rangga Wisnu membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Surat Terbuka Tuk Presiden Joko Widodo : Ajak Anggota OKI Tarik Dubesnya Dari AS!". Bergabunglah dengan Rangga dan 7 pendukung lainnya hari ini.