Selamatkan Sumber Wendit Malang Tanah Ulayat Lelehur Kami dari Kehancuran

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Yang Mulia Bapak Jokowi Presiden RI, Yth, Bapak Basuki Hadi Mulyo Menteri PUPR, Yth, Ibu Chofifah Indarparawansa Gubernur Jawa Timur, serta Yth, Bapak HM Sanusi Bupati Malang....

Bapak Ibu Yang Kami cintai... Mohon Hentikan rencana Eklpoitasi Mata air berlebihan Oleh PDAM Kabupaten Malang / Perumda Tirta Kanjuruhan.

Sumber Wendit dengan pancaran mata air sangat besar adalah Wilayah Ulayat Masyarakat Wendit Desa Mangliawan Kec Pakis Kab. Malang. Hal ini tidak dapat dipungkiri, adanya bukti-bukti tersisa berupa Punden Petilasan  dan Pendopo Wendit adalah cagar budaya menyatu menjadi Taman Alam yang begitu indah sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Konon semasa raja-raja Singhasari dan Majapahit secara rutin telah melakukan kunjungan ke Taman Wendit guna melakukan larung sesaji, permandian pensucian diri, serta menjadi tempat untuk menenangkan diri.  Kebiasaan ini menjadi satu keterikatan tradisi yang ditiru masyarakat (khususnya masyarakat adat Tengger) secara turun –temurun,  satu interaksi adat - tradisi hubungan timbal – balik antara  Komunitas Adat Tengger dengan Kawasan Taman Wendit yang terjadi hingga hari ini.

Sehubungan adanya kegiatan proyek jaringan pipanisasi rencana ekploitasi air di Kawasan Sumber Wendit oleh PERUMDA Tirta Kanjuruhan / PDAM Kabupaten Malang dengan cara broncaptering in take langsung pada titik mata air bawah tanah.

Memperhatikan hal tersebut , sebagaimana diketahui bahwa keberadaan mata air di kawasan Sumber Wendit sudah sangat menipis akibat kegiatan eksploitasi yang dilakukan oleh PDAM Kota Malang, yang melebihi debit kuota yang tersedia, maka sangat berdampak negative  bagi kehidupan sosial, ekonomi dan ekosistem kawasan sebagai destinasi wisata..

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini  Mayarakat Peduli Kali dan Budaya Desa Mangliawan menolak keras rencana  kegiatan eksploitasi  sebagaimana dimaksud. Untuk hal tersebut,  masyarakat memohon kepada Bapak Bupati Malang agar bisa segera membongkar  jaringan pipa yang sudah terlanjur terpasang yang ada di dalam Kawasan Sumber Wendit.

Pada prinsipnya masyarakat tidak keberatan bila ada pihak manapun yang melakukan kegiatan pengambilan air di sepanjang aliran Kali Wendit, namun cara pengambilannya dilakukan di area bawah Kali Wendit ( mengambil air turapan) sehingga tidak berdampak bagi kehidupan social dan lingkungan Kali Wendit. .

Demikian  Pernyataan sikap keberatan dan penolakan ini disampaikan kepada Bapak Bupati Malang agar bisa secepatnya di tindak lanjuti. Harap Maklum.

Atas perhatiannya disampaikan ucapan beribu terima kasih.

Semoga seluruh makhluk berbahagia.