Selamatkan Pulau Terluar Bengkalis Terdampak Abrasi dan Erosi

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Kabupaten Bengkalis merupakan pulau terluar yang terletak diperairan selat melaka berbatasan langsung dengan negara malaysia, Kabupaten Bengkalis memiliki 2 pulau dan 1 daratan dimana kondisi pulau di Kabupaten Bengkalis sungguh meresahkan masyarakat kawasan pesisir yang terkena dampak abrasi dan erosi.

Kondisi terparah dikawasan pesisir abrasi mencapai 20m pertahun dilahan gambut, ini merupakan ancaman bagi masyarakat kawasan pesisir kehilangan tanah sebagai alat produksi perkebunan dan rumah. Dapat dilihat sepanjang pulau sebelah utara Bengkalis telah kehilangan ribuan hutan mangrove sebagai penyangga ekosistem pencegahan abrasi dan erosi, ini juga penyebab Negara Kesatuan Republik Indonesia terus menerus kehilangan daratan.

Tentu ini sangat penting untuk dilakukan penyelamatan setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan bebas dari ancaman. Tentu jalan satu-satunya membangun peradaban kawasan pesisir dengan cara pemulihan ekosistem mangrove rehabilitas dengan menjadikan masyarakat kawasan sebagai subjek.

Ayo bantu saya masyarakat pesisir Kabupaten Bengkalis dalam masalah ini untuk tahap awal melakukan pemulihan ekosistem mangrove dan pembibitan 10.000 pohon mangrove zona 1 untuk melakukan rehabilitasi kawasan abrasi dan erosi.

Saya juga mendorong DPRD Kabupaten Bengkalis untuk membuat PANSUS dan penetapan sempadan pantai sebagaimana termatub di Peraturan Presiden No 51 Tahun 2016 tentang sempadan pantai.

Tentu ini bukan hanya persoalan masyarakat kawasan pesisir ini merupakan tugas semua elemen, KLHK, KKP, KKBK, Pemerintah dan Legislatif Pusat, Provinsi dan Daerah, NGO dan segenap element organisasi dan masyarakat kawasan pesisir.

CP. 081266420935