Save Tanah Adat Desa Sigapiton Kab. Toba - Sumatera Utara

Save Tanah Adat Desa Sigapiton Kab. Toba - Sumatera Utara

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.
Dengan 200 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!

Megaproyek Pariwisata Kaldera Toba yang sedang berjalan  di Desa Sigapiton/Sileang-leang Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara yang ditangani oleh Badan Pembangunan Otoritas Danau Toba (BPODT) saat ini telah terkesan menzolimi masyarakat adat setempat. Pasalnya adalah sengketa tanah yang mana telah dimiliki dikuasai oleh masyarakat adat setempat dari jaman nenek moyang mereka,  kini harus digusur karena wilayah mereka dinyatakan masuk dalam greenmap pembangunan wilayah pariwisata Kaldera Toba. 

Saat ini masyarakat sedang melakukan gugatan di persidangan Pengadilan Negeri Balige Kab. Toba,  dan sudah ada beberapa kali persidangan akan tetapi belum ada hasil. Meskipun demikian Proses peradilan masih berjalan hingga saat ini tetapi Mega proyek pembangunan tetap berjalan tanpa perduli nasib masyarakat yang sekarang merasa ditindas. 

Masyarakat setempat sering mendapatkan intimidasi dari pihak pihak tertentu untuk memaksa masyarakat keluar dari tanah mereka, kini nasib mereka sangat miris dikarenakan mereka hanya masyarakat biasa yang menggantungkan hidupnya dari hasil bertani. Mereka tidak berdaya untuk melawan. Sekitar 25 rumah masyarakat terancam dieksekusi. 

Masyarakat Desa Sigapiton dusun Sileang-leang kini jadi potret buram di negeri ini yang sangat memilukan. Mereka tidak punya tempat untuk mengadu. Sebab bagaimana mungkin suara wong cilik didengar. Mereka hanya dianggap sebagai penghalang bagi Mega proyek pemerintah.

Melihat kejadian ini masyarakat Sigapiton dengan ketidak berdayaan memohon bantuan dari saudara sekalian untuk menandatangani petisi ini, sebab hanya inilah secuil harapan agar suara mereka dapat didengar oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.  

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.
Dengan 200 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!