Polisi, Usut tuntas semua pelaku pembunuhan Deki Susanto!!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Tangkap dan segera adili, beri hukuman setimpal pelaku pembunuhan Deki Susanto! 

Bulan kemarin, kita kembali dikejutkan oleh aksi heroik oknum polisi yang melakukan penembakan tidak sesuai prosedur. Deki Susanto (warga Muaro Labuh, Solok Selatan) ditembak oleh pelaku yang kemudian diketahui merupakan anggota kepolisian dari Resort Solok Selatan. Kasus ini menambah rentetan catatan panjang pelanggaran HAM, kasus penembakan tidak sesuai prosedur yang berakhir kematian yang dilakukan oknum Polisi kepada warga.

27 Januari 2021 pukul 14.30, 10 orang dengan 2 mobil datang ke datang tanpa menggunakan baju dinas, tanpa surat tugas penangkapan, dan tanpa surat tugas penggeledahan memaksa masuk ke rumah Deki. 2 orang menggeledah isi rumah Deki. Saat itu korban sedang berada di dapur.Beberapa dari mereka datang menodongkan pistol ke Deki. Korban kaget karena ditodong pistol dan berlari menuju halaman belakang. Dari jarak dekat pelaku menembak tepat di belakang kepala Deki. Kejadian itu direkam oleh istri Deki (MF). Parahnya anak Deki (A) yang berusia 3 tahun melihat proses kejadian yang mengerikan itu. MF mencoba menolong Deki yang sudah terkapar bersimbah darah. Namun ditahan oleh para pelaku, dan salah satu pelaku yang memegang pistol melakukan 4 kali tembakan ke arah udara.

Deki Susanto dituduh sebagai DPO (buronan) judi. Padahal belum pernah ada surat pemanggilan dari Kepolisian untuk Deki. Deki hanya bermain judi kecil - kecilan. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh pemuda di sana ketika di lapau untuk membangun keakraban. Ketika hendak ditembak, Deki tidak melakukan perlawanan. Istri Deki (MF) merekam kejadian di video Handphone. Dalam video itu nampak bahwa tidak ada satupun dari ke 10 pelaku yang mengalami luka bacok. 

Tindakan pelaku jelas salah karena :

1. tidak menggunakan seragam, tidak membawa surat penangkapan dan penggeledahan, dan melakukan penembakan tidak sesuai prosedur

2. menghilangkan nyawa orang dengan sengaja, bisa dijerat pasal 338 KUHP 

Oleh karenanya, kami meminta agar :

1. POLDA SUMBAR harus mengusut tuntas kasus pembunuhan yang dilakukan oknum Polisi tersebut dengan seadil - adilnya.

2. POLDA SUMBAR harus mendorong semua pihak yang bekerja untuk mempercepat penyelesaian kasus

3. Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Sumatera Barat harus cepat bertindak untuk memulihkan psikologis istri dan anak korban. Karena istri dan anak korban sekarang berada dalam kondisi yang sangat traumatik.

<bottom> https://sumbarlivetv.com/usut-tuntas-dan-hukum-setimpal-pembunuhan-deki-susanto/

<bottom> https://regional.kompas.com/read/2021/02/03/07480081/kami-minta-keadilan-suami-ditembak-di-hadapan-saya-dan-anak-dia-tidak