Pentingnya REKAM MEDIS yang terINTEGRASI di semua Layanan Kesehatan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Suatu saat saya mengantar anak saya ke Dokter.

"Dokter... anak saya Flu sudah 2 minggu nggak sembuh sembuh" kata saya
"Sudah di kasih obat apa ?" tanya dokter
"Waduh... lupa dok nama obatnya" kata saya
"2 minggu lalu juga sudah berobat ke Dokter A, karena dokter nya Seminar jadi saya kontrol ke Dokter B, tapi obat dari Dokter A dan Dokter B tidak ada yang bisa meringankan Flu anak saya, malah sekarang batuk nya makin menjadi" kata saya

Akhirnya Dokter ini pun melakukan pemeriksaan kepada anak saya.
Alhasil saya di berikan Resep obat untuk Flu, setelah di tebus 2 hari kemudian tetap saja sakit anak saya tak kunjung sembuh. Setelah saya cari cari ketemulah obat yang lama, dan saya searching ke Internet. Alangkah terkejutnya saya ternyata obat yang di berikan dokter tersebut sama komposisi dan kualitasnya dengan dokter sebelumnya... 

Terbersik di pikiran saya..
WADUH ANAK SAYA JADI KELINCI PERCOBAAN NICH..!!

Tapi ternyata tidak hanya itu. 
Sebab utamanya adalah "KITA TIDAK MEMILIKI REKAM MEDIK" , rekam medik yang saya maksud adalah Data Riwayat kesehatan dan tindakan kesehatan ( pengobatan , obat  dll ) yang di lakukan oleh Dokter atau Klinik atau Rumah Sakit atau Puskesmas.

Coba seandainya data Rekam Medik itu ada di tangan saya, maka dokter ketiga yang saya kunjungi tidak perlu bertanya lagi kepada saya tentang tindakan dan obat yang sudah di berikan kepada anak saya ( oleh 2 dokter sebelumnya )

Dokter C akan sangat mudah menganalisa dan melakukan tindakan dengan cepat, dengan membuka Laptop atau Smartphohe, ketik saja Nama dan NIK maka akan keluar semua data Kesehatan seseorang ( Tindakan kesehatan, Obat dan Riwayat ) akan terbaca dengan jelas.

Oleh karena itu sangatlah penting REKAM MEDIK ONLINE TERINTEGRASI, yang sudah terintegrasi dengan seluruh Lini Kesehatan ( Dokter atau Klinik atau Rumah Sakit atau Puskesmas.).

Ini memang pekerjaan yang tidak mudah, butuh waktu yang lama dan panjang. Tetapi setidaknya Anak Cucu kita saat kelak Dewasa dapat memiliki data kesehatan yang akurat dan informatif. Sehingga seorang dokter dapat melakukan penindakan yang cepat dan tepat tanpa melakukan analisa yang panjang terhadap suatu penyakit seseorang.

MENUJU INDONESIA SEHAT

Tulisan ini saya tujukan kepada :
1. Bapak Presiden Joko Widodo
2. Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia
3. Jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

 



Hari ini: David Rahadian mengandalkanmu

David Rahadian Osmond membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Pentingnya REKAM MEDIS yang terINTEGRASI di semua Layanan Kesehatan". Bergabunglah dengan David Rahadian dan 4 pendukung lainnya hari ini.