Pak Jokowi, Tolong Jamin Hak Beribadah Kami!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 15.000.


Indonesia merdeka bukanlah atas perjuangan satu kelompok masyarakat saja. Bukan pula atas usaha pemeluk agama tertentu saja.Tetapi berkat kerja keras seluruh rakyat yang terdiri dari berbagai macam latar belakang, baik latar belakang suku, agama, ras, dan golongan. Keberagaman dimaknai sebagai sebuah kekuatan untuk menyudahi kolonialisme dari bumi Nusantara.

Bhinneka Tunggal Ika. Sekalipun kita berbeda tetapi kita satu: Indonesia. Namun belakangan, kebinekaan itu seperti terusik oleh pihak-pihak tertentu yang nampaknya antipluralisme. Setiap warga yang berbeda (baca: warga minoritas) dengan mereka dicela, diolok, bahkan berusaha menghambat dan membatasi hak azasi mereka untuk melaksanakan ritual keagamaannya.

Ada banyak kasus memilukan terjadi di berbagai tempat di negeri ini di mana ada pemeluk agama minoritas yang pendirian tempat ibadahnya dihalangi, peribadatannya dibubarkan paksa, pelaksanaan ritual kerohaniannya diganggu, hingga rumah ibadahnya dibakar/dihancurkan. Tidak hanya satu atau dua kasus saja. Ada banyak.

Masalahnya negara seperti menutup mata dan telinga atas semua kejadian itu. Lewat petisi ini kami memohon kepada Presiden Joko Widodo agar memberi jaminan dan perlindungan kepada seluruh warga negara untuk melaksanakan peribadatan mereka, secara khusus bagi warga negara yang dicap sebagai kelompok minoritas, sekalipun sesungguhnya saya sangat tidak suka dengan istilah mayoritas dan minoritas. Setop intoleransi! Setop diskriminasi!