Momentum Sumpah Pemuda, Kita Dukung Jokowi Rebut Kembali Freeport! #PemudaBergerak

0 have signed. Let’s get to 100!


Momentum Sumpah Pemuda, Ayo Dorong Jokowi Rebut Kembali Freeport! #PemudaBergerak

Menjelang berakhirnya masa uji coba status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Sementara Freeport Indonesia yang akan berakhir pada 10 Oktober 2017, Freeport kembali berulah. CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson melayangkan surat yang ditujukan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai tanggapan atas posisi Pemerintah terkait divestasi 51%. Surat tertanggal 28 September tersebut ditembuskan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berisikan penolakan skema divestasi yang ditawarkan Pemerintah serta permintaan kontrol manajemen dan tata kelola yang tetap dikendalikan PT FI.

Sebelumnya hasil negosiasi Indonesia – PT FI diperoleh kesepakatan pelepasan saham sebesar 51% dan pembangunan smelter. (baca: http://bisnis.liputan6.com/read/3112508/beredar-surat-bos-freeport-ke-sri-mulyani-ini-isinya).

Perlu diperhatikan bahwa tujuan Pemerintah merubah rezim Kontrak Karya (KK) Freeport yang telah lama merugikan bangsa menjadi IUPK ini tidak lain adalah mematuhi UU NO 4 Tahun 2009 dan PP No 1 Tahun 2017. Upaya tersebut dilakukan untuk mendapatkan kebermanfaatan tambang Freeport sebesar – sebesarnya kepada Indonesia, khususnya Papua. Sedangkan IUPK Sementara bertujuan memberikan kesempatan Freeport untuk tetap melaksanakan ekspor konsentrat, karena hanya perusahaan tambang dengan pemegang status IUPK yang membangun smelter saja yang mendapatkan kesempatan ekspor.

Sayang, Pemerintah Indonesia tampaknya masih akan tetap berbaik hati dengan memberikan sinyal kesempatan perpanjangan status IUPK Sementara hingga waktu tertentu kepada PT FI. Negosiasi pun akan kembali dilakukan.

Menjelang momentum SUMPAH PEMUDA, penulis mengajak para pemuda dan seluruh masyarakat Indonesia terus memantau jalannya negosiasi Indonesia – PT FI.

Sebagai bukti peran pemuda Indonesia, mari kita berikan Petisi menuntut Pemerintah agar tidak lemah dan berani mendapatkan andil besar atas perundingan Freeport. Apalagi dengan sikap PT FI yang selalu bertele - tele. Bahkan menunggu waktu usai Freeport 2021 pun tidaklah masalah, kenapa tidak? Jika Bisa Rebut kembali Freeport 100%!

#SumpahPemuda #PemudaBergerak #RebutFreeport100%

 

Barri Pratama

Direktur LSO Energi PP KAMMI



Today: barri is counting on you

barri pratama needs your help with “Joko Widodo: Momentum Sumpah Pemuda, Kita Dukung Jokowi Rebut Kembali Freeport! #PemudaBergerak”. Join barri and 71 supporters today.