Mendesak Perbaikan Pelayaran Tradisional di Indonesia.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Catatan Singkat.
Bapak Presiden, Mendesak Perbaikan Pelayaran di Indonesia.

Saya senang usul saya agar pemerintah memanggil semua Pemda yang memiliki perairan tradisional atau pelayaran rakyat untuk melakukan perbaikan pengawasan dan implementasi pelayaran yang berkeselamatan di daerah didengar pemerintah. Besok menteri Perhubungan RI akan memanggil semua Dinas Perhubungan dan akan memberi pengarahan agar mereka melakukan pengawasan terhadap pelayaran tradisional di daerah masing-masing.

Sudah terlalu banyak jatuh korban dalam kasus kecelakaan kapal dalam dua pekan ini. Tanggal 18 Juni 2018 terjadi kecelakaan kapal KM Sinar Bangun di Sanindo, Danau Toba dan korbannya ditemukan 21 orang korban, 3 meninggal dunia serta 184 orang tidak ditemukan. Selang beberapa hari, 22 Juli 2018 terjadi kecelakaan kapal di perairan sekitar Nainggolan, Danau Toba dengan korban meninggal dunia satu orang. Kemudian tanggal 5 Juli 2018 terjadi kecelakaan kapal KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan dengan korban 35 orang meninggal dunia dan 155 orang selamat serta 1 orang hilang.

Sudah terlalu lama pelayaran tradisional alat transportasi rakyat dibiarkan tanpa pertanggungan jawaban atas keselamatan penimpang. Sudah lama pula pelayaran tradisional di Indonesia tanpa pengawasan dan perbaikan fasilitas. Selanjutnya saya mengusulkan kepada bapak presiden Jokowi agar memanggil semua kepala daerah yang memiliki pelayaran tradisional di daerahnya. Presiden agar perintahkan semua kepala daerah membangun manajemen keselamatan bagi pelayaran di daerahnya masing-masing. Selanjutnya langkah tadi diikuti dengan upaya peningkatan kualitas sarana pelayaran, kapal, pelabuhan, dermaga, kepastian adanya layanan dan pelatihan peningkatan nakhoda juga membangun manajemen keselamatan pelayaran bagi masyarakatnya.

Mari jadikan semua kecelakaan kapal saat ini sebagai momentum perbaikan pelayaran di seluruh Indonesia. Bangun pelayaran di Indonesia yang berkeselamatan, aman, nyaman dan memberi akses kepada masyarakatnya.

Jakarta, 5 Juli 2018
Azas Tigor Nainggolan.
Analis Kebijakan Transportasi.



Hari ini: azas tigor mengandalkanmu

azas tigor nainggolan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Mendesak Perbaikan Pelayaran Tradisional di Indonesia.". Bergabunglah dengan azas tigor dan 87 pendukung lainnya hari ini.