Lanjutkan Pembangunan PLTA Batangtoru yang Ramah Lingkungan Demi Listrik di Sumatera Utara

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kata siapa Listrik di Sumatera Utara itu surplus? Kami masih merasakan mati lampu di setiap jam 6 sore. Kejadian ini tidak satu dua kali namun hampir setiap hari, kami tinggal di desa di daerah Kecamatan Marancar, Kelurahan Pasarsempurna.

Bayangkan setiap malam kami dan masyarakat sekitar harus berdiam dalam gelap. Salah langkah bisa kepentok dinding rumah. Yang kasihan itu anak-anak kami, belajarnya harus berhenti. Kalau PRnya sedikit bisa dikerjakan lagi setelah mati lampu reda, kalau banyak? Bisa-bisa anak kami begadang mengerjakan PR karena lampu mati, atau malah mereka tidak mengerjakan PR sama sekali. 

Mati lampu ini hampir dialami oleh sebagian besar kecamatan di Tapanuli Selatan.

Berikut daftarnya:

Kec. Batangtoru (sering)

Kec. Angkola sangkunur (paling sering)

Kec. Muara batangtoru (paling sering)

Kec. Sipirok

Ini baru di rumah kami lho, bagaimana di rumah-rumah lain? Bagaimana kalau yang sedang memasak, bisa-bisa kebakaran. Bagaimana kalau yang sedang menidurkan anaknya yang masih bayi, bisa-bisa si bayi merasa ketakutan. Belum lagi dari sektor usaha, bagaimana kalau yang sedang memproduksi tenun? bisa salah nenun. Bagaimana dengan pengusaha kopi? bagaimana dengan produsen yang memerlukan listrik untuk membuat produk?

Dalam gelap gulita yang hanya beberapa menit ini kita harus waspada, karena bisa jadi ada ular melintas. Ada serangga beracun yang hinggap di rumah kami. Betapa mirisnya keadaan ini. Rasanya ingin hidup di kota-kota besar yang kebutuhan listriknya melimpah.

Bagi para penentang proyek ini, kalian enak di tempatnya menyala terus, bagaimana dengan kami?

Maka dari itu kami mengajak masyarakat khususnya Tapsel untuk mendukung program PLTA Batangtoru, agar kita tidak hidup dalam remang-remang lagi. 

Mari katakan setuju dibangunnya proyek ini. Kami membutuhkan dukungan kalian.



Hari ini: Indonesia mengandalkanmu

Indonesia Terbarukan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Lanjutkan Pembangunan PLTA Batangtoru yang Ramah Lingkungan Demi Listrik di Sumatera Utara". Bergabunglah dengan Indonesia dan 16 pendukung lainnya hari ini.