KM Sabuk Nusantara 66, Minta tolong pak Presiden untuk dioperasikan kembali

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Liburan natal dan tahun baru kali ini saya dan keluarga besar dapat berlibur ke pulau kelapa, dimana kami dapat menikmati liburan kami di penghujung akhir tahun 2019. Sebelumnya saya suka mancing ke pulau pramuka bersama teman, saya akhirnya berkeinginan membawa keluarga liburan akhir tahun. Setelah saya mencoba mancing di kepulauan seribu dengan transportasi KM Sabuk Nusantara 66 sebagai moda transportasi menuju pulau pramuka, dimana tiket perjalanannya cukup murah sekali. Dan saya banyak perhatikan apa yang terjadi didalam KM Sabuk Nusantara  66. Ternyata tidak hanya membantu wistawan lokal seperti saya ini tetapi juga kehidupan untuk warga kepulauan dimana mereka dapat pergi ke Jakarta dan kembali ke pulau dengan membawa belanjaan atau pun orang pulau bertamasya ke kota dengan tidak membebani masyarakat. Seharusnya kapal seperti ini dapat ditingkatkan baik secara jadwal dan penambahan unit yang memberikan akses tidak hanya ke pulau untung jawa, pulau pramuka dan pulau harapan. Memberikan pengharapan lebih kepada masyarakat kepulauan seribu. Saya minta tolong untuk kapal seperti KM Sabuk Nusantara 66, dapat dioperasikan kembali dan ditingkatkan pelayanannya. 

Kepada yang terhormat bapak Bupati Kepulauan Seribu, bapak Gubernur DKI Jakarta - Anies Baswedan dan bapak Presiden RI - Joko Widodo, saya berharap sekali dengan adanya petisi ini, harapan masyarakat kepulauan seribu yang pernah saya jumpai tetap dapat merasakan manfaat "Tol Laut" yang telah dahulu dijalankan hingga akhir Desember 2019 ini. Memberikan manfaat besar kepada penduduk kepulauan seribu dan wisatawan lokal seperti saya ini. Berikut saya berikan perbandingan dengan transportasi yang ada:

1. KM Arwana dari PT Pelni, tiket Rp 25K dengan perjalanan ditempuh dalam 6 jam.

2. Kapal kayu dari pengusaha lokal, tiket +- Rp 56K dengan perjalan +- 2 jam

3. Kapal dari Dishub, tiket Rp 125K dengan perjalanan +- 1 jam. Tapi ada keluhan bahwa tidak semua orang dapat merasakan kecuali ada hubungan dekat dengan pengelola kapalnya (dengar pendapat dengan penduduk pulau)

4. Kapal cepat dari marina, tiket Rp 250K - Rp 300K dengan perjalanan +- 1 jam

5, KM Sabuk Nusantara 66, tiket Rp 5K di hari libur dan Rp 8K di hari kerja dengan perjalanan +- 4 jam.

Saya mohon bantuannya untuk memberikan suara untuk petisi ini sehingga KM Sabuk Nusantara 66 yang seperti sebelumnya dapat beropersional kembali dan mungkin ditambahkan armadanya sehingga memberikan manfaat besar kepada penduduk pulau maupun wisatawan dan memajukan perekonomian dan memberikan manfaat, seperti dapat mengakses membeli ikan lebih segar karena dibeli dari nelayan langsung dan lebih murah (pembeli dan nelayan mendapatkan harga lebih baik) karena pembeli seperti waktu saya berwisata ke pulau dapat membeli ikan pada nelayan langsung, saya mendapatkan ikan segar dan harga yang lebih murah dibandingkan di pasar ikan. Sekali lagi kepada bapak Jokowi, bapak Anies dan bapak Bupati. Mohon dipertimbangakan untuk transportasi seperti KM Sabuk Nusantara 66 dapat dihidupkan dan ditingkatkan pelayanannya dengan penambahan jadwal dan armada yang ada. Saya mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam hal ini dan terima kasih sudah mendukung petisi dan solusi yang diberikan dari petisi ini.