Kembalikan Hutan Bogor

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sejak beberapa bulan terakhir, bencana alam menghantui Kabupaten Bogor. Mulai dari banjir, longsor dan lain sebagainya. Bencana alam ini bukan semata karena sebagai dampak dari adanya perubahan cuaca. Tapi ini juga bagian cerminan bahwa alam di Kabupaten Bogor tidak lagi mampu menopang datangnya perubahan cuaca tersebut. Hal ini dikarenakan banyak hutan yang beralih fungsi menjadi villa, hotel, atau bahkan sarana bisnis lainnya bagi para cukong dan kapitalis. Salah satu contoh, ratusan hektar area hutan lindung di Puncak, Cisarua yang idealnya menjadi lahan untuk resapan air kini telah berubah menjadi onggokan beton. Ini tidak terjadi dengan sendirinya. Ini terjadi karena ada pihak ke tiga yang menjembatani perubahan alih fungsi hutan lindung itu. Akibatnya, bencana alam akan terus menjadi momok saat cuaca tidak sedang bersahabat dengan kita.

Kami atas nama warga Cisarua-Kabupaten Bogor mengajak kepada semuanya untuk sama-sama menyadari bahwa kita harus bersinergi dan berharmoni dengan alam. Kami meminta agar pihak berwenang segera menindaklanjuti segala bentuk penyimpangan ihwal alih fungsi hutan yang terjadi di beberapa area hutan di Kabupaten Bogor ini. Tidak hanya di Puncak, tapi di seluruh area hutan lindung yang ada di seluruh penjuru Kabupaten Bogor ini.

Khususnya teruntuk Bapak Presiden Jokowi, kami meminta kemurahan hatinya agar bersedia untuk memberikan waktu dan kesempatannya untuk sekadar memperhatikan alam Kabupaten Bogor yang konon katanya menjadi penyanggah ibu kota. Bukankah kerusakan dan bencana di bumi ini terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Kami hanya masyarakat biasa yang tak punya kuasa, daya dan upaya untuk mencegah kemungkaran yang begitu besar adanya. Kami hanya punya harapan agar kelak anak, cucu dan seluruh keturunan kami dapat menikmati kehidupan yang layak tanpa dibayang-bayangi bencana.

Salam gemah ripah lohjinawi. :)



Hari ini: SAPALA BOGOR mengandalkanmu

SAPALA BOGOR membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Kembalikan Hutan Bogor". Bergabunglah dengan SAPALA BOGOR dan 34 pendukung lainnya hari ini.