Kebebasan untuk Lumba-Lumba Sirkus

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Petisi untuk membebaskan lumba-lumba sirkus yang ada di Indonesia 

 

Pernakah anda semua melihat lumba-lumba sirkus dibalik layar? Dibalik aksi lucu dan pintar mereka, mereka mendapatkan perlakuan yang sangat menyiksa dari para staff sirkus/master nya. Sebut saja: 

  1. Selama perjalanan dari 1 kota ke yang lainnya, lumba-lumba hanya dibungkus dengan spons/kain/spons basah/mentega/lotion agar tetap lembab dan ditaruh didalam box tak berisi air yang seukuran dengan tubuh lumba lumba tersebut.
  2. Proses memindahkan lumba-lumba dengan dijaring dri box nya kedalam kolam tempat mereka akan melakukan aksinya.   
  3. Lumba-Lumba berkomunikasi dengan sistem sonar dan mampu berkomunikasi hingga 220km. Bisa dibayangkan bagaimana terganggunya para lumba-lumba itu akibat sorakan pentonton, tepuk tangan, serta sound system. 
  4. Lumba-lumba melakukan banyak atraksi berbahaya (contoh: melompati api) dan mereka akan dipaksa dan disakiti jika tak mau menurut. 
  5. Karena hidup bukan di habitat aslinya, umur lumba-lumba sirkus cenderung lebih pendek dari pada umumnya. Berkisar 2 hingga 8 tahun. 
  6. Lumba-lumba hidup berkelompok. Didalam sirkus lumba-lumba hanya sendiri, jauh dri kelompoknya 
  7. Lumba-lumba sirkus dilatih dengan “metode lapar”. 
  8. Kolam sirkus tempat mereka tinggal terisi dengan air tawar bercampur klorin yang menyebabkan rasa terbakar pada kulit mereka, serta kebutaan.
  9. Mereka melakukan pertunjukan 5 hingga 6 kali perhari nya, dengan masing masing berdurasi hingga 2 jam. Mereka lebih banyak bekerja daripada bermain dan beristirahat. 

Indonesia adalah negeri terakhir yang masih menjalankan bisnis sirkus lumba-lumba. Tolong bantu lumba-lumba ini dan hentikan eksploitasi terhadap mereka. Hentikan bisnis sirkus lumba-lumba. 



Hari ini: Hafid mengandalkanmu

Hafid Bajarad membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Kebebasan untuk Lumba-Lumba Sirkus". Bergabunglah dengan Hafid dan 65 pendukung lainnya hari ini.