Petisi ditutup

#KamiBersamaHTI || Pemerintah Harus Membatalkan Rencana Pembubaran HTI

Petisi ini mencapai 9 pendukung


Ormas Islam, Membahayakan Eksistensi Pancasila kah ?

"HTI dibubarkan" Itulah headline berita yang saya baca hari ini. Alasannya simpel karena menimbulkan benturan dan mengancam keutuhan NKRI.

Pada dasarnya, prinsip dan ideologi bangsa ini adalah Pancasila dengan menganut sistem demokrasi dimana setiap orang berhak menyampaikan pendapat dimuka umum. HTI setahu saya adalah organisasi internasional, dimana mereka punya gagasan sistem pemerintahan berdasarkan khilafah.

Namun, gagasan tersebut tidak disampaikan lewat tindakan anarkis. Melainkan aksi unjuk rasa yang pelakunya dilindungi oleh Undang2. Indonesia bukanlah negara agama, melainkan negara Pancasila.

Tapi, pembubaran HTI menurut saya terlalu berlebihan. Kenapa ? Penting untuk diketahui, meskipun negara ini berideologi Pancasila tapi kebebasan beragama dijamin oleh UUD 1945, termasuk menyampaikan gagasan sistem pemerintahan khilafah yang memang adalah ajaran Islam.

Pada sila pertama, kita mengakui Tuhan Yang Esa. Hanya pada agama kita temui Ketuhanan, tidak pada paham yang lain dan Pancasila mengakui tentang Ketuhanan.

Kesimpulannya, saya khawatir kita terseret pada kejadian seperti tahun 1960-an dimana yang tidak sepakat dengan pemerintah akan dibungkam dan saya khawatir isu tentang ormas anti Pancasila akan berujung pada pembubaran ormas2 agama di republik ini.



Hari ini: Muhammad Asrul mengandalkanmu

Muhammad Asrul Nasution membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: #KamiBersamaHTI || Pemerintah Harus Membatalkan Rencana Pembubaran HTI". Bergabunglah dengan Muhammad Asrul dan 8 pendukung lainnya hari ini.