Kami Pelajar Indonesia Di Yaman Diambang Kematian, Mohon Evakuasi!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Saya salahsatu perwakilan pelajar Indonesia yang sedang menjalankan studi di salahsatu universitas di Yaman.

Patut diketahui, bahwa negara ini dalam keadaan yang sangat sangat menyedihkan dari segi finansial dan keamanan, dikarenakan perang saudara yang tidak berhujung usai selama 6 tahun.

Lalu, ditambah lagi kondisi outbreak Covid-19 ini yang sudah mulai masuk dan mewabah disini, yang mana menurut para ahli, yang dikutip oleh salahsatu situs berita SkyNews disitu tertera bahwasannya adanya pandemi ini bisa menghapus negara Yaman dari peta dunia. Link Berita

Harus kami akui kemungkinan itu sangat besar sekali mengingat keadaan yang sangat menyedihkan, terlebih lagi fasilitas kesehatan yang sangat minim, yang tidak siap untuk menghadapi virus ini.

Kami WNI disini sudah terkunci didalam lembaga pendidikan tanpa ada kejelasan tindakan negara ini dalam melawan covid, hanya menghitung jumlah yang terinfeksi dan dan yang meninggal akibat pandemi tersebut.

Terdapat kurang lebih 2500 WNI yang di negara ini diambang ketakutan, hanya menjalankan karantina mandiri dengan segala sarana yang seadanya, bahkan kedutaan pun digabungkan dengan negara Oman.

kami memohon kepada seluruh instansi negara untuk menolong kami dengan mengadakan agenda evakuasi bagi kami yang terjebak disini, jangan biarkan kami terlantar.

KBRI Oman bersama dengan PPI mengadakan agenda Repatriasi Mandiri bagi WNI yang ingin pulang ke tanah air. namun, sebagian besar dari WNI di Yaman hanyalah pelajar yang menjalankan studi melalui jalur beasiswa dan bukan dari keluarga yang mampu.

Dan mengenai isu biaya repatriasi tersebut yang sangat tinggi sehingga sulit bagi kami untuk berpartisipasi, dan tidak adanya kejelasan akan agenda tersebut.

Keadaan semakin mencemaskan, jumlah korban yang terus meningkat, kematian yang terus bertambah, minimnya fasilitas dan sarana kesehatan, serta keadaan negara yang tidak stabil ini sangat membahayakan kami.

Guna pencegahan akan terinfeksinya WNI disini yang mana akan menjadi dampak buruk bagi kita semua, dan mengingat kami warga negara Indonesia memiliki hak layaknya warga negara yang lainnya, kami mohon kepada seluruh aparatur negara agar merealisasikan permohonan kami.

Sekian yang dapat kami sampaikan, mohon maaf dan terimakasih!