Hapuskan kebijakan batasi kuota PTN

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Yth. Pak Joko Widodo, jumlah kuota ptn itu seharusnya ditambah bukan malah di batasi. Tugas negara adalah mencerdaskan bangsanya. Jika dibatasi, akan makin banyak pengangguran dan kemiskinan, anak-anak yang cerdas dan memiliki peluang untuk memajukan bangsa justru akan makin banyak yang terhambat dan tidak kuliah.

Sekali lagi. Ini mewakili seluruh rakyat indonesia yang menolak kebijakan pembatasan kuota. Seharusnya ditambah, rakyat telah cukup dengan banyak masalah. Matilah kami rakyat rakyat kecil di tanah surga kami sendiri.

Bunyi alenia keempat pembukaan UUD 1945 sebagai berikut; “Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Kami mengutip dari data yang telah dihimpun oleh youthmanual.com bahwa :

* Jika kuota penerimaan maba S1 per PTN hanya 3,000-3,500 mahasiswa, maka Universitas Brawijaya harus menurunkan kuota hingga 65-70 persen. Sementara UI harus menurunkan kuota hingga sekitar 25-30 persen dan kuota Universitas Padjadjaran bakal turun hingga separuh lebih (lebih dari 50 persen)!

* Sebagian besar PTN bakalan menurunkan daya tampungnya. Berikut ini jumah kuota penerimaan maba 2017 beberapa PTN dari jalur SBMPTN. Jumlah ini belum termasuk penerimaan lewat jalur SNMPTN, yang minimal 30 persen dari total daya tampung, dan jalur seleksi mandiri.

* Bagaimana dengan SNMPTN? Tahun lalu sih, peluangnya sekitar 19 persen dengan peserta 517,418 dan yang diterima 101,906 mahasiswa. Seandainya dikurangi, peluang lolos SNMPTN kemungkinan tinggal sekitar 10-12 persen aja. Atau bisa jadi, jatah siswa yang bisa ikutan seleksi SNMPTN di SMA-SMA bakalan jauh berkurang.

* Seleksi mandiri pun bakalan lebih ketat, karena pesertanya semakin banyak (dari yang nggak lolos SNMPTN dan SBMPTN), sedangkan daya tampung yang tersedia makin kecil.

Dan hingga saat ini, kami belum mendengar bapak ingin menambah kuota PTS sebagai konsekuensi dari pengurangan tsb.



Hari ini: Pranadya mengandalkanmu

Pranadya Bagus Imansyah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Hapuskan kebijakan batasi kuota PTN". Bergabunglah dengan Pranadya dan 2.807 pendukung lainnya hari ini.