Dukung PT. KAI Reaktivasi Jalur Bersejarah Kalisat - Panarukan CC: Ditjen Perkeretaapian

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Jalur kereta api Kalisat–Panarukan merupakan jalur kereta api nonaktif yang menghubungkan Stasiun Kalisat dan Stasiun Panarukan, Situbondo, termasuk dalam Wilayah Aset IX Jember. Jalur yang panjangnya 70 km ini melayani kereta lokal angkutan penumpang Panarukan-Jember.

Jalur Kalisat-Panarukan setidaknya melewati 4 stasiun yaitu Kalisat di Kabupaten Jember, Stasiun Bondowoso di Kabupaten Bondowoso, Stasiun Situbondo dan Stasiun Panarukan di Kabupaten Situbondo. Untuk mendukung pengaktifan rel mati tersebut, salah satu upaya yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah dengan merevitalisasi stasiun. Salah satu stasiun yang sudah dipercantik adalah Stasiun Bondowoso.

Sejak ditutup jalur ini pada tahun 2004, telah muncul banyak wacana untuk mengaktifkan kembali jalur ini. Namun hingga sekarang wacana-wacana tersebut belum terealisasi.

Jalur ini bagus dari segi ekonomi, Stasiun Panarukan ke pantai itu hanya 200 meter jadi tepat untuk menghidupkan perekonomian dari daerah pesisir pantai dan pengiriman barang. Pas untuk dihidupkan kembali.