Dukung Ojek-Online untuk mengubah sistimnya. Pesan makanan deposite dulu.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Dukung Go-food dan Grab-food untuk mengubah sistimnya, Agar drivers tidak menggunakan uang sendiri sebagai talangan beli makanan. 

Suatu hari saya sedang berada di J-Co, sedang ngopi dan beli donat. Banyak drivers gofood dan grabfood yang sedang antri juga di sana. Tetiba saja ada salah satu driver yg tiba-tiba duduk tersungkur dan mengucap istighfar, selang beberapa saat kemudian temannya mendatangi menanyakan apa yg sedang terjadi. Ternyata orderannya di cancel hanya gara-gara dia kelamaan, padahal di tempat itu memang antri. 

Pernah dengar cerita seperti ini? atau jika anda driver ojek online, mungkin malah pernah mengalaminya. Coba bayangkan, berapa kerugian driver ojek online jika cs membatalkan pesanannya sementara makanan yg dipesan sudah terlanjur dibeli oleh si driver. Mereka, driver-driver ojek online itu bahkan akan berpikir tiga sampai empat kali jika ingin makan atau sekedar ngopi di tempat-tempat semacam starbuck, j-co, chatime dll yg terbilang agak mahal untuk konsumsi sendiri. Tiga gelas kopi dan dua buah donat pesanan cs yg telah dicancel tersebut, bisa jadi setara dg seluruh pendapatan driver tersebut dalam sehari.

Saya graphic designer dan illustrator, yg juga menginstal aplikasi thirdparty seperti Go-Jek dan Grab untuk mendapatkan pekerjaan, Semacam Fiver, Freelancer, dll. Mereka menggunakan sistim deposite dimana Customer harus menyetorkan uang sejumlah jasa yg akan dipesannya, dan tidak boleh membatalkan pesanan jika jasa sudah dikirimkan dg benar. Bahkan marketplace seperti Bukalapak, tokopedia, dan lainnya saja pembeli harus membayarkan deposite dulu untuk memesan barang.
Tapi sistim yg digunakan untuk Go-Food dan Grab-Food ini semua resiko dibebankan kepada driver. Bahkan pemilik outletpun tidak mau menalangi pesanan makanan pengguna go-ood dan grabn-food. Saya beranggapan sistim ini terlalu tidak adil bagi drivers. 

Saya percaya, orang-orang yg bekerja di balik Go-Food dan Grab-food adalah orang-orang yg inovatif dan visioner. Saya yakin mereka akan memperbaiki sistim dimana drivers, customer, outlet makanan dan penyedia jasa ojek online sendiri bisa mendapatkan keadilan yg setara, agar resiko kerugian tidak hanya dibebankan kepada salah satu pihak saja, yaitu driver. Saya yakin banyak driver-driver yg menginginkan kesetaraan dalam keadilan berbagi resiko ini. Dan saya juga yakin banyak orang-orang baik diluar sana, para pengguna jasa ojek online untuk beli makanan yg setuju dg saya, bahwa kita semua bisa memberikan keadilan kepada drivers ojek online dan mendorong agar Go-Food dan Grab meperbaiki sistimnya sesuai dg sila ke-lima dasar negara kita. yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" 

Dewi Kunti.
Ibu rumah tangga
dan pekerja seni paruh waktu



Hari ini: Dewi mengandalkanmu

Dewi Kunti membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Dukung Ojek-Online untuk mengubah sistimnya. Pesan makanan deposite dulu.". Bergabunglah dengan Dewi dan 4.363 pendukung lainnya hari ini.