DUKUNG KOMPLEKS BANGUNAN MAKODIM 0709 SEBAGAI CAGAR BUDAYA DAN WISATA SEJARAH

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


WUJUDKAN KEBUMEN SEBAGAI KOTA SEJARAH DAN PERJUANGAN

DUKUNG PENETAPAN BANGUNAN MAKODIM 0709 PANJER SEBAGAI CAGAR BUDAYA DAN KAWASAN WISATA SEJARAH KOTA LAMA KEBUMEN

Pemerintah telah mengatur tentang pelestrian benda cagar budaya dan pengelolaannya melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 lalu diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Pada Bagian Kedua Pencarian Pasal 26 ayat (1) secara tegas disebutkan, "Pemerintah berkewajiban melakukan pencarian benda, bangunan, struktur, dan atau lokasi yang diduga sebagai Cagar Budaya."

Bangunan kompleks Makodim 0709 Kebumen memiliki sejarah panjang yang menggambarkan dinamika perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan. Di sekitarnya juga berdiri bangunan-bangunan bernilai sejarah, seperti bekas pabrik minyak kelapa Mexolie, bangunan stasiun kereta api, Hotel Pusaka, kompleks Gereja Kristen Jawa hingga bekas kompleks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pemerintah Kabupaten Kebumen tidak perlu susah-susah mencari, tinggal buka catatan sejarah, file arsip dokumen dan lihat secara langsung. Semua bangunan yang berdiri di wilayah Panjer tersebut telah berusia lebih dari 50 tahun, sangat layak dan sepantasnya dilestarikan sebagai Benda Cagar Budaya.

Jadikan sebagai museum perjuangan rakyat Kebumen, didesain sebagai kawasan wisata kota lama Kebumen, dan ditarget sebagai spot unggulan icon Kebumen. Akan banyak manfaat secara budaya, karakter, dan aspek ekonomi.

AYO, JAGA SEJARAH KEBUMEN, LESTARIKAN WARISAN BUDAYA KEBUMEN, LANJUTKAN PERJUANGAN RAKYAT KEBUMEN...

Salam GBK - Gerakan Bangkit Kebumen

https://lenterakhatulistiwa.com/jadikan-bekas-makodim-sebagai-pusat-wisata-sejarah-kota-lama-kebumen/