Bapak Jokowi Tolong Selamatkan peternak rakyat(UMKM)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Bapak Predsiden yang terhormat. Tolong selamatkan kami Peternak rakyat (Umkm)

Kondisinya dengan performa produksi yang bagus pun kami rugi. Karena terjadi ketimpangan input harga bibit ayam dan pakan ayam. Dengan perusahaan besar terintegrasi. Sampai sekarang total 10 bulan harga live bird (broiler) dibawah hpp. Kalau belum kehilangan asset karena disita integrator kami terjebak dalam utang yang lebih dalam.

Adanya sistem kuota ggps justru menjadi alat oligopoli dan kontrol pabrikan besar terhadap peternak rakyat. Hpp kami Rp 18.000 tapi harga jual ayam di kandang bisa Rp 9000. Integrator melakukan predatory pricing untuk membunuh peternak rakyat. Perjuangan kita melalui organisasi organisasi peternakan seperti menemui jalan buntu dan hanya diberi janji janji ketika meeting di KEMENTAN.

Melalui petisi ini Kami meminta bapak presiden untuk melindungi usaha peternakan rakyat dengan:
1. Membuat peraturan presiden yang melindungi peternak rakyat. Untuk mengganti permentan no 32 tahun 2017 yang tidak tegas.
2. Melakukan evaluasi terhadap kinerja kementan dan team asistensi kementan
3. Membuat peraturan presiden tentang batas atas dan bawah harga farm gate yang memuat sanksi bagi pelaku usaha yang melanggar. Untuk mengganti permendag no 96 tahun 2018
4. Melakukan evaluasi terhadap sistem kuota ggps yang justru memperkuat oligopoli olah 4 perusahaan besar saja. Kuota Ggps ini justru menjadikan input harga doc dan harga pakan antara peternak rakyat dan perusahaan terintegrasi menjadi semakin besar. Sehingga persaingan bisnisnya menjadi makin tidak adil. Dengan performa produksi yang sama kami tidak bisa melawan hpp integrator.
5. Membuat sektor budidaya broiler masuk daftar negatif investasi.


Kita menagih janji bapak yang akan pro UMKM. Untuk mengevaluasi kinerja KEMENTAN sebelum membentuk kabinet baru. Saya minta bapak menunjuk mentri pertanian yang pro UMKM seperti janji bapak. Karena Pemerintah yg berhasil adalah Pemerintah yang menciptakan sejuta UMKM Peternak Rakyat baru. Bukan seperti saat ini yang hanya membesarkan segelintir konglomerat raksasa (karena tidak ada kebijakan yg bisa membela peternak Rakyat). Kita juga menagih janji bapak di Sentul city yang akan memerintah tanpa beban 5 tahun ke depan.