Astronomi Indonesia lebih maju

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Google Lunar X competition adalah salah satu kompetisi tentang siapa yang dapat mendaratkan robot ke bulan dengan selamat, mengelilingi permukaan bulan sampai 500 meter, dan mengirim foto dan data kembali ke bumi

Kompetisi diatas itu berupaya untuk menjadikan perjalanan ke luar angkasa lebih murah karena misi mereka adalah agar banyak pengusaha-pengusaha mau menginvestasikan uang mereka untuk hal ini 

Tapi ini cuman salah satu contoh kenapa Indonesia ketinggalan hal ini, astronomi kita jarang banget diliat padahal astronomi itu bisa bermanfaat banget buat indonesia, sekarang-sekarang ini negara-negara lain lagi gencar-gencarnya berlomba buat bisa bikin tempat tinggal di bulan atau bahkan di mars, sementara kita? Masih berantem tentang pemilu. 

Negara-negara yang lagi berlomba itu bukan cuman negara-negara Amerika dan Eropa tapi bahkan India, China,dll lagi ngembangin astronomi mereka, bahkan Israel pun negara yang baru muncul beberapa dekade lalu udah mulai ikut berpartisipasi. 

Kalo kalian tanya hal yang bakal kita dapet dari kemajuan alat-alat astronomi kita; 1. Kita bisa mencari tempat tinggal baru diluar sana, bumi yang kita tau emang iya si bakal lama matinya (kalo gk dihancurin duluan sama manusianya) tapi suatu hari nanti matahari bakal "mati" dan gimana nasib kita kalo cuman gk mulai dari sekarang?,2. Ekonomi kita bisa ningkat kalo kita bisa yang mining meteor, satu meteor aja udah mengandung banyak batu-batu berharga,3. Banyak penemuan yang bisa kita tau dari eksplorasi kita ke luar angkasa dan Indonesia gk lagi jadi negara yang cuman bisa Nerima materi pendidikan daridluar tapi bisa jadi penemu, bukannya keren kalo penemu- penemu Indonesia makin semangat? Terus makin banyak anak muda yang akhirnya gk takut lagi buat tekuni jadi ilmuwan?, 4. Dan terakhir nih kita jadi punya astronot-astronot dari Indonesia yang beneran nginjakkin kakinya nanti di luar angkasa sana dan bisa ngibarin bendera pusaka merah putih.

Emang hal ini gk murah dan pastinya butuh banyak tenaga juga yang jalanin, tapi saya yakin kalo ada kemauan kita bisa setidaknya menjadi lebih baik. #hopeforbetterfuture #majuastronomiindonesia