BERSIHKAN POLRES MANGGARAI DARI AKSI PREMANISME

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada tanggal 9 Desember 2017 menjadi salah satu momen kelam bagi proses demokrasi di negara Indonesia. Di pojok negeri ini, suara-suara lantang yang mengecam persoalan korupsi dengan mudahnya dibungkam oleh alat-alat negara. Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Ruteng dalam aksi peringatan ini mengalami intimidasi dan represifitas oleh aparat penegak hukum. Mereka yang dengan kerasnya mengecam praktek korupsi dan pungutan liar menahun yang dilakukan oleh oknum polres Manggarai mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan saat aksi ini berlangsung. Beberapa aktivis PMKRI dipukuli oleh para aparat kepolisian ressor Manggarai. Aksi yang sejatinya berlangsung damai pada saat itu berubah menjadi aksi pemukulan. Tentu hal ini menjadi preseden buruk bagi kepolisian Republik Indonesia dan kebebasan berpendapat di Indonesia. Beberapa berita terkait persoalan ini dapat dibaca melalui link berikut:\

https://www.youtube.com/watch?v=Hog36JfszA4&feature=youtu.be

https://www.facebook.com/ovan.lujunai/videos/200476193846049/

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/09/cekik-aktivis-pmkri-aparat-polres-manggarai-dinilai-gagal-paham/

http://www.dawainusa.com/aktivis-pmkri-dipukul-representasi-kebodohan-polres-manggarai/

http://www.marjinnews.com/2017/12/pmkri-cabang-bogor-mengutuk-keras.html?m=1

http://www.marjinnews.com/2017/12/terkait-tindakan-represif-oknum-polres.html?m=1

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/10/kasus-pencekikan-aktivis-pmkri-lmnd-e-k-ruteng-berjanji-siap-turun-ke-jalan/

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/10/surat-terbuka-untuk-kapolres-manggarai/

http://www.dawainusa.com/permintaan-maaf-kapolres-dan-dugaan-korupsi-di-dprkp-manggarai/

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/10/polisi-ancam-makan-bulat-bulat-aktivis-alumni-pmkri-geram/

http://www.marjinnews.com/2017/12/kekerasan-fisik-terhadap-mahasiswa.html

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/11/polres-manggarai-dinilai-tidak-profesional-dalam-menangani-unjuk-rasa/

Dua hari pasca tontonan memalukan ini, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Manggarai, Iptu Aldo Febrianto ditangkap Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Polda NTT.  Penangkapan ini terjadi karena tertangkap tangan menerima uang dari seorang kontraktor di ruang kerjanya. Barang bukti berupa uang sejumlah lima puluh juta rupiah diamankan oleh tim Saber Pungli. Peristiwa OTT ini hanyalah satu dari sekian praktek pungli oknum Polres Manggarai. Pemalakan-pemalakan lain terjadi pada saat penilangan kendaraan bermotor. Berita terkait OTT ini dapat dibaca melalui beberapa link berita berikut:

http://mediaindonesia.com/news/read/135992/kasat-reskrim-polres-manggarai-terjaring-ott/2017-12-11

http://www.marjinnews.com/2017/12/kasat-reskrim-polres-manggarai.html?m=1

http://www.marjinnews.com/2017/12/polda-ntt-harus-segera-tetapkan-status.html

http://www.marjinnews.com/2017/12/propam-mabes-polri-harus-turun-tangan.html

http://voxntt.com/2017/12/13/soal-ott-kapolres-manggarai-cuek-wakilnya-mengelak/

http://voxntt.com/2017/12/13/kasat-aldo-terjaring-ott-propam-polda-melunak/

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2017/12/14/pelaku-ott-hanya-dimutasi-masyarakat-kemana-dan-untuk-apa-ini-ott/

Aksi keji oknum Polres Manggarai kembali terjadi pada tanggal 7 Januari 2018 dini hari, sekitar pukul 01.00 WITA. Pemukulan dan intimidasi kembali dialami oleh aktivis PMKRI cabang Ruteng. Kejadian ini bermula saat empat orang anggota PMKRI kembali ke kos, setelah menyelesaikan aktivitas di sekretariat PMKRI Cabang Ruteng, tanpa sebab yang jelas. Aksi pemukulan ini menyebabkan luka lebam di bagian wajah seorang anggota PMKRI. Beritanya dapat dibaca di link berikut:

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2018/01/07/aktivis-pmkri-ruteng-kembali-dipukul-polisi/

http://www.dawainusa.com/kronologi-dugaan-pemukulan-anggota-pmkri-ruteng-oleh-oknum-polisi/

http://kabarnusantara.net/kabar-daerah/2018/01/07/aktivis-pmkri-adukan-oknum-polres-manggarai-ke-propam/

http://voxntt.com/2018/01/07/anggota-pmkri-ruteng-dipukul-polisi-diduga-tanpa-sebab/

Beberapa peristiwa tersebut tidak dapat dibenarkan, entah dipandang dari sudut mana pun dan dengan dalil apa pun. Beberapa aksi yang dilakukan oknum Polres Manggarai terhadap aktivis PMKRI Ruteng mencederai beberapa hal penting dalam proses berbangsa dan bernegara:

1.  Polri melalui Polres Manggarai telah memasung proses demokrasi di Indonesia. Kebebasan menyatakan pendapat di depan umum telah dicederai karena aksi pemukulan dan intimidasi.

2. Aksi Pungutan liar yang terjadi di Polres Manggarai menjadi indikasi, Institusi Polri telah melanggengkan praktek korupsi. Hal ini memperkuat temuan Lembaga TII yang menyatakan institusi Polri menjadi lembaga yang paling terdampak korupsi.

3. Aksi Pemukulan yang dilakukan oleh oknum Polres Manggarai telah menimbulkan kecemasan di masyarakat. Polri yang semestinya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat telah berubah menjadi peneror.

Kami mendesak kapolri, Jenderal Tito Karnavian untuk sesegera mungkin membersihkan Institusi Polri, lebih khusus Polres Manggarai, dari aksi-aksi premanisme ini. Pemalakan, pungutan liar, dan pemukulan yang dilakukan oleh oknum polres Manggarai menjadi preseden buruk bagi lembaga Kepolisian. Kami melakukan petisi ini karena mencintai Institusi Polri. Dengan demikian, Polri bersama masyarakat akan terus bergandengan tangan menciptakan suasana sejuk dan damai dalam dinamika sosial.



Hari ini: Alfredo mengandalkanmu

Alfredo Januar membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Jenderal Tito Karnavian: BERSIHKAN POLRES MANGGARAI DARI AKSI PREMANISME". Bergabunglah dengan Alfredo dan 354 pendukung lainnya hari ini.