Meminta Ephorus GKPS mundur dari jabatannya karena melakukan politisasi gereja

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Belum lama ini Ephorus (Pimpinan Tertinggi) Gereja Kristen Protestan Indonesia, Pdt Rumanja Purba mengeluarkan statement yang meresahkan jemaat. Alasannya dalam sebuah pemberitaan Ia menyebut GKPS sebagai institusi mendukung salah satu calon gubernur di Sumatera Utara. Tentu ini sangat mengecewakan, meresahkan dan membuat gereja semakin terpolitisasi oleh beberapa oknum. (Tautan berita : https://siantarnews.com/simalungun/wow-gkps-secara-resmi-dukung-jr-saragih-jadi-gubernur-sumut-2018-ini-alasannya/ )

Alasannya,

Pertama, Institusi gereja tak boleh di bawa dalam sikap politik, karena berhubungan atas moral gereja. Argumentasinya jelas, jika pada suatu saat nanti ada kasus pidana yang melibatkan JR. Saragih siapa yang bertanggung jawab ? Seluruh Jemaat ?

Kedua, Jika Ephorus ingin mendukung JR. Saragih sebaiknya dia bawa nama pribadi, jangan membawa-bawa gereja.

Ketiga, Ephorus merupakan pimpinan jemaat bukan pimpinan politis. Sistem patronase di GKPS hanya posisinya sebagai pemimpin umat dalam lingkup gerejawi, Ia tidak berhak membuat keputusan politik praktis.

Keempat, Argumen Ephorus bilang alasan mendukung JR Saragih maju di Pilgub karena beliau adalah jemaat GKPS, itu argumen yang tak jelas, pragmatis dan oportunis.

Kelima, Menjadi gubernur Sumatera adalah bola panas pimpinan koruptor. Sejak 2008 hingga 2016, selama 8 tahun 2 Gubernur tersangka korupsi. Terserah siapa yang akan jadi gubernur nantinya. Namun, membawa GKPS pada lingkaran setan adalah tindakan yang tidak bijak. Artinya, pimpinan GKPS lebih hati-hati memasukkan institusi dalam pusaran politik.

Sebaiknya Ephorus, Pdt Rumanja Purba kembali membaca, Matius 22 : 21:

"Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

 



Hari ini: Anwar mengandalkanmu

Anwar Saragih membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Jemaat GKPS Penolak Politisasi Gereja: Meminta Ephorus GKPS mundur dari jabatannya karena melakukan politisasi gereja". Bergabunglah dengan Anwar dan 129 pendukung lainnya hari ini.