Kapolda Kalbar, Dua Orang ini Diduga Bukan Pembunuh Harnovia. Tolong Gelar Perkara Ulang!

Kapolda Kalbar, Dua Orang ini Diduga Bukan Pembunuh Harnovia. Tolong Gelar Perkara Ulang!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.
Dengan 1.000 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
LBH Anak Bunga Bangsa memulai petisi ini kepada Irjen Pol. R. Sigid Tri Hardjanto

18 Desember 2012 yang lalu, seorang siswi SMKN 1 Mempawah Harnovia Fitriani hilang di sekitar pabrik pengolahan minyak kelapa di Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sui Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Dua hari kemudian ia ditemukan tidak bernyawa di belakang pabrik.
Harnovia diduga sudah menjadi korban penculikan, pemerkosaan dan pembunuhan. Apalagi setelah visum di RS Rubini Mempawah, dokter yang memeriksa menemukan sisa sperma di organ vitalnya.

Setelah selama 7 bulan melakukan investigasi Kepolisian menetapkan 2 (dua) orang pekerja pabrik minyak kelapa, yaitu Pardan bin Saman dan Heri bin Zakaria sebagai tersangka. Pada akhirnya keduanya diputus bersalah dan dihukum 14 tahun 3 bulan penjara.

Tetapi banyak yang menduga Pardan dan Heri bukanlah pelaku yang sebenarnya.

Banyak kejanggalan selama proses penyidikan. Di antaranya adalah hasil visum pertama kali dari RS. Rubini Mempawah yg menemukan adanya sperma di organ vital korban tidak dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian juga dengan keterangan saksi Asmah yang secara jelas tertuang dalam BAP yang menjelaskan ia menemukan dan mencuci celana jeans berlumpur dan baju yang ada noda darahnya milik anak majikannya. Tetapi, keterangan saksi tersebut juga tidak didalami pemeriksaannya oleh penyidik.

Keterangan saksi juga ada yang mengungkapkan bahwa saat kejadian, Pardan dan Heri sedang beristirahat di rumah.

Ada dugaan perbuatan penyiksaan yang dilakukan agar kedua tersangka mau mengakui perbuatannya. Selain itu, kejaksaan sama sekali tidak mendakwa dengan pasal kekerasan seksual terhadap Pardan dan Heri.

Berdasarkan fakta-fakta inilah, besar kemungkinan pelaku penculikan, pemerkosaan dan pembunuhan Harnovia Sembilan tahun yang lalu masih berkeliaran di luar sana.

Oleh karena itu demi tegaknya keadilan, petisi ini dibuat untuk meminta dan mendesak Kapolda Kalimantan Barat Bapak Irjen Pol.R. Sigid Tri Hardjanto agar melakukan gelar perkara ulang terhadap kasus ini. Tanpa grelar perkara ulang, kita tidak akan mengetahui siapa pelaku pembunuhan Harnovia yang sebenarnya.

Seperti adigium yang menyatakan lebih baik membebaskan 1000 orang yang bersalah dari pada menghukum satu orang yang tidak bersalah.

Semoga perjuangan ini diridhoi Allah SWT

Salam,
LBH Anak “BUNGA BANGSA”

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.
Dengan 1.000 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!