Cabut Hak Siar Asian Games SCTV

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pesta Olahraga Asia 2018 (Asian Games), adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018.

SCTV adalah salah satu pemegang hak siar yang menyiarkan acara ini.

Cabang olahraga sepak bola sudah memulai debut pertandingan dimulai dengan pertandingan Laos vs Hongkong dan Palestina vs Tiongkok Taipei (Taiwan) pada Jumat, 10/08. Tapi pertandingan yang paling ditunggu oleh rakyat Indonesia yakni Indonesia melawan Tiongkok Taipei (Taiwan), yang juga bisa disaksikan di SCTV.

Seketika menjelang pertandingan dimulai, SCTV melakukan pengacakan siaran di satelit. Hal ini dikeluhkan oleh para netizen pelosok yang tidak terjangkau siaran UHF analog dan mengandalkan siaran parabola. 

Dan bukan hanya itu, SCTV juga memasang iklan yang terlalu banyak pada saat pertandingan, bahkan sampai menutupi lebih dari setengah layar.

Klik untuk lihat contoh iklannya

Ini sangat jelas mengindikasikan bahwa ASIAN GAMES bukan lagi acara pesta olahraga asia, melainkan hanya acara untuk kalangan berduit. Dimana SCTV sebagai penyiar official acara ini hanya mementingkan nilai komersial dari acara ini. Jargon “Satu Untuk Semua” sepertinya tidak cocok dengan keadaan dan fakta yang terjadi. 

CEO Indonesia Entertainment Produksi, Indra Yudhistira berdalih bahwa pengacakan di satelit dilakukan karena aturan dari OCA (Olympic Council of Asia) agar siaran SCTV tidak menyebar ke negera lain. Sayangnya alasan ini seperti hanya seperti alasan kebohongan saja. Kalau memang benar karena itu alasan nya, maka berarti bukan hanya cabang olahraga sepakbola saja yang tidak bisa ditonton lewat antena parabola, tapi seluruh cabang olahraga di asian games tidak bisa di tonton lewat antena parabola. Karena SCTV selaku pemilik hak siar asian games tentunya tidak hanya akan menayangkan pertandingan sepak bola saja melainkan seluruh cabang olahraga di asian games ini.

Jika hanya cabang olahraga sepak bola saja yang siaran nya di acak berarti ini murni karena urusan BISNIS bukan karena alasan ketentuan olympic council of asia dan menghormati official broadcaster.

Kesimpulannya, karena SCTV selaku penyiar official sudah tidak bisa menyiarkan acara besar ini sebagai mana mestinya. Maka sebaiknya SCTV melepaskan hak siar nya agar INASGOC mengalihkan hak siar ini ke stasiun tv lain yang lebih memiliki kapabilitas.



Hari ini: Reski mengandalkanmu

Reski R membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC): Cabut Hak Siar Asian Games SCTV". Bergabunglah dengan Reski dan 24 pendukung lainnya hari ini.