Wisuda Online Angkatan XII IAIN Bukittinggi Tidak Dilaksanakan

Wisuda Online Angkatan XII IAIN Bukittinggi Tidak Dilaksanakan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Di kalangan akademik, wisuda merupakan penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya prosesi wisuda diawali prosesi masuknya senat universitas yang terdiri dari rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan/i. Dalam menyelenggarakan wisuda, tiap perguruan tinggi memiliki agenda yang tidak sama. Ada yang dilakukan setiap tahun, tetapi ada juga yang setiap semester, menyesuaikan kalender akademik

Pada umumnya, calon wisudawan mengenakan pakaian yang sudah ditentukan oleh masing-masing universitas yang akan menyelenggarakan wisuda

Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bukittinggi, salah satu universitas yang ada di kota Bukittinggi. IAIN Bukittinggi biasanya melaksanakan kegiatan Wisuda sebanyak 3x dalam satu tahun, yakni di bulan April, Agustus, dan Desember. 

Akan tetapi kegiatan Wisuda di IAIN Bukittinggi pada bulan April tidak bisa dilaksanakan, dikarenakan wabah Covid-19 yang melanda Indonesia sehingga menyebabkan kegiatan wisuda itu tidak bisa dilaksanakan. Rektor IAIN Bukittinggi pun telah mengeluarkan surat terbuka kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan wisuda bahwasanya wisuda untuk akngakatn XII ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Sekarang masa pandemi Covid-19 bisa dikatakan telah berakhir, dengan dikeluarkannya keputusan oleh Gubernur Sumatera Barat bahwa PSBB telah berakhir, dan juga telah di buka nya objek wisata yang ada di daerah Sumatera Barat.

Namun demikian sampai saat ini Rabu,8-Juli-2020 belum ada keputusan resmi oleh Rektor IAIN Bukittinggi, apakah wisuda angkatan XII dilakukan seperti biasa atau dilakukan secara Daring(online). Masalah ini banyak menimbulkan keresahan di kalangan wisudawan/i yang akan di wisuda. Mereka menolak untuk melaksanakan wisuda secara Daring (online) dikarenakan telah keluarnya keputusan Gubernur Sumatera Barat yang telah menyatakan PSBB telah berakhir, ditambah telah di buka nya objek wisata, hingga telah diperbolehkan kegiatan yang menimbulkan keramaian, dengan catatan kegiatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan.

Jika seperti itu, tentu masih ada peluang untuk wisudawan/i angkatan XII IAIN Bukittinggi dilakukan seperti biasa, dengan catatan sesuai dengan protokol kesehatan.

Untuk itu kami minta dukungan dari kawan-kawan wisudawan/i setuju atau tidak setuju Wisuda online itu dilaksanakan, dan jangan lupa berikan alasannya