Polisi Jangan Jadi Alat Pengusaha untuk Lawan Masyarakat!  #SaveKinipan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 50.000.


Ini satu lagi bukti polisi tak lagi jadi pelindung rakyat, tapi alat yang digunakan pengusaha!

Rabu siang (26/8), Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan Effendi Buhing ditangkap paksa dan diseret oleh pasukan polisi bersenjata lengkap.

Effendi sempat menolak karena alasan yang nggak jelas dan nggak didahului panggilan sebagai saksi. Tapi polisi nggak mau mendengar dan tetap menyeretnya dari rumahnya di Desa Kinipan, Lamandau, Kalteng. 

Bisa dilihat di video yang viral, polisi menggunakan senjata api laras panjang dengan pasukan lengkap. Kenapa untuk menangkap petani aja polisi sampai memakai kekerasan dan senjata lengkap begitu? 

Nggak hanya Pak Effendi, tapi 5 orang warga Kinipan lainnya juga ikut ditangkap polisi. Effendi dan warga Komunitas Adat Laman Kinipan lainnya sedang berjuang untuk selamatkan hutan adat peninggalan leluhur dan ruang hidup mereka yang akan habis dibabat PT Sawit Lestari Mandiri (SML) jadi kebun sawit. 

Berdasarkan data dalam laporan Mighty Earth Februari 2018, perusahaan sawit itu dimiliki oleh Abdul Rasyid, salah satu orang terkaya di Indonesia dan juga paman dari Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2016. Semua izin PT SML nggak pernah disetujui Masyarakat Adat Laman Kinipan, tapi mereka terus membabat hutan Kinipan.

Masyarakat Kinipan nggak ingin hutan yang jadi rumah mereka hilang, dan satwa endemik seperti Orangutan dan macan dahan punah. Belum lagi bencana lingkungan yang akan terjadi jika hutan hilang seperti banjir, tanah longsor, dan krisis iklim.

Mereka sudah melakukan penolakan secara damai. Mulai dari melakukan pemetaan partisipatif wilayah adat, menggelar aksi di depan kantor DPRD Lamandau, hingga ke Jakarta untuk mendatangi Kantor Staf Presiden.

Tapi apa yang terjadi? Izin terus diberikan, dan para pejuang Kinipan malah dikriminalisasi dan dibungkam satu persatu. Inikah yang namanya perlindungan Masyarakat Adat? ‘Salam lestari’ yang terus diumbar pejabat di setiap orasi mereka? 

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Kepolisian RI ini sebenarnya lebih memihak siapa? Cukong-cukong tukang babat hutan kita, atau masyarakat?

Oleh karena itu, kami minta segera bebaskan Pak Effendi! Cabut izin PT SML dan segera sahkan perlindungan (RUU) untuk Masyarakat Adat!

 

Salam, 

Salsabila

 

Petisi ini didukung oleh Koalisi Keadilan untuk Kinipan (Jaga Rimba, Save Our Borneo, WALHI Kalteng, AMAN Kalteng)