Petisi ditutup

Hentikan pakai istilah 'atas nama umat Islam Indonesia' utk melegitimasi pernyataan SARA

Petisi ini mencapai 1.572 pendukung


Indonesia dibentuk dari sejarah panjang budaya, menciptakan masyarakat yang sangat kompleks dengan berbagai macam latar belakang, termasuk keberagaman agama dan keturunan. Indonesia bisa menjadi besar karena kita belajar untuk bekerja sama tanpa saling mendisriminasi berdasar latar belakang.

Tak bisa dipungkiri bahwa pemeluk agama Islam adalah mayoritas di indonesia, tapi Islam di indonesia juga produk sukses dari sejarah panjang para penyebar agama yang menyebarkannya dengan damai, dengan memperhatikan budaya yang sudah ada di nusantara. Kita belajar jadi pemeluk agama yang toleran, saling menghargai kepercayaan masing-masing, dan itu tercermin pula di Pancasila dan UUD 45 sebagai dasar negara.

Sungguh memprihatinkan bila sekarang muncul aliran-aliran radikal yang memanfaatkan posisi umat Islam sebagai mayoritas, lalu mengumandangkan pernyataan-pernyataan yang tidak toleran dan menyakiti hati pemeluk agama lain atau segelintir bangsa Indonesia dengan latar belakang berbeda sebagai minoritas, dengan mengatasnamakan pernyataan itu sebagai “Atas nama seluruh umat Islam di Indonesia” seakan-akan itu adalah pandangan umum umat Islam di Indonesia.

Kami percaya sebagian besar umat Islam di Indonesia masih memegang teguh dasar negara ini yang menghargai setiap warga negara di posisi yang sama. Umat Islam tidak menjadi lebih kuat karena mayoritas. Kaum minoritas tak lebih rendah kedudukannya karena dia lebih sedikit.

Kami menolak diatasnamakan untuk pernyataan-pernyataan yang jelas tidak sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang toleran dan saling menghargai.

Kami meminta pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terhadap kelompok dan individu yang bertindak tidak toleran dan tidak menghargai dasar negara kita.

Yang terpenting, kami menghimbau umat Islam Indonesia yang bangga sebagai bangsa Indonesia untuk tidak lagi diam menghadapi golongan radikal yang mengangkat diri mereka sendiri sebagai wajah Islam di indonesia, MEWAKILI KITA SEMUA.

Tunjukkan wajah umat Islam Indonesia yang penuh kasih dan saling menghargai, karena itu adalah Islam di Indonesia yang sesungguhnya.

Terima kasih.



Hari ini: MIT mengandalkanmu

MIT TA membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Hentikan pakai istilah 'atas nama umat Islam Indonesia' utk melegitimasi pernyataan SARA". Bergabunglah dengan MIT dan 1.571 pendukung lainnya hari ini.