Katanya ada lowongan kerja di PT, tapi ternyata suruh bayar dan rekrut orang ?

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pernah mengalami atau dengar pengalaman teman/saudara yang ditawari kerja di PT tapi ujung-ujungnya suruh bayar sekian juta dan disuruh merekrut orang  ?

Seminggu yang lalu kenalan saya yang lulusan SMP menceritakan pengalamannya membayar 5 juta untuk masuk ke sebuah PT (Perseroan Terbatas) di Solo. Ia ditawari lowongan pekerjaan bagian pendataan alat-alat kesehatan di sebuah PT. Saat tiba di perusahaan yang dimaksud ternyata pekerjaan tidak sesuai. Dengan iming-iming penghasilan yang besar, ybs diminta menghubungi pihak keluarga untuk meminta uang 5 juta sebagai modal kerja. Selanjutnya ybs  diminta mengisi form dan tanda tangan diatas materai. Ia pun harus merekrut 6 orang untuk bergabung dan tidak boleh mengundurkan diri selama 1 tahun. Bila ia keluar sebelum 1 tahun maka uang modal hilang. Ia berada disana selama 4 bulan, tanpa diberi gaji selayaknya pegawai, sampai akhirnya menyerah dan mengikhlaskan uangnya.

Tadinya ia ditempatkan di sebuah rumah bersama puluhan orang lainnya. Kerjanya setiap hari adalah online di sosial media untuk memberi tawaran lowongan kerja kepada teman-temannya. Jika ada teman yang tertarik maka mereka disuruh datang ke lokasi, barulah disampaikan proses kerja sebenarnya lengkap dengan iming-imingnya. 

Perusahaan tersebut mengatakan kepadanya bahwa mereka dilindungi pihak berwajib, jadi kalo ada yang pihak yang menuntut akan masuk ke penjara. Untuk memperkuat hal tersebut ditunjukkan beberapa video yang menggunakan pihak berwajib (https://www.youtube.com/watch?v=tmxjoM0-HrM atau https://www.youtube.com/watch?v=7ECRh1qVQ0A Lucunya mereka diajari bila ada pihak berwajib datang ke penampungan mereka harus berbohong bilang digaji 3 juta perbulan. Saat teman saya meminta surat perjanjian kerja maka perusahaan bilang nanti dulu suratnya masih di Hongkong.

Kebetulan sekali kejadian yang sama terjadi pada anak PRT di tempat tinggal saya, hanya saja lokasinya di Bekasi, ia sampai berhutang 10 juta kepada majikannya untuk membayar perusahaan demi anaknya bekerja di PT. 

Saya coba cek di youtube dan ketik PT. Amoeba Internasional alias QNet atau masuk di www.amoeba.id sungguh mudah sekali melihat tentang PT yang dimaksud ini. Operasionalnya diseluruh Indonesia dan sepertinya ini MLM (https://www.youtube.com/watch?v=nwLBY9-u--A tapi kenapa kok berkedok lowongan pekerjaan dengan iming-iming yang luar biasa (http://www.amoeba.id/videoplay.php?id=40 ?

Berapa banyak mereka yang berjuang mencari pekerjaan, berapa banyak yang bersedia melakukan apapun untuk merubah nasib. Mereka semua adalah sasaran yang mudah untuk bujuk rayu praktek seperti ini. Ayo dukung saya agar pihak berwenang mengusut tuntas MLM berkedok lowongan pekerjaan ini agar tidak ada lagi para pencari kerja yang dirugikan !

 



Hari ini: Yeva mengandalkanmu

Yeva Yalesva membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Hanif Dhakiri: Katanya ada lowongan kerja di PT, tapi ternyata suruh beli barang dan rekrut orang ?". Bergabunglah dengan Yeva dan 24 pendukung lainnya hari ini.