Petisi ditutup

SELAMATKAN DPR

Petisi ini mencapai 15 pendukung


Hak angket DPR mengenai kasus E KTP yang tengah diusut KPK  telah disetujui DPR dalam rapat paripurna tanggal 28 April 2017. Hak angket tersebut jelas merupakan campur tangan DPR yang akan menghambat proses hukum kasus korupsi E KTP dan pada akhirnya akan melemahkan KPK. Selain itu, keabsahan keputusan hak angket tersebut patut dipertanyakan karena seperti terlihat di layar TV , anggota DPR yang hadir dalam sidang paripurna tersebut sangat sedikit. 

Pelemahan KPK dalam pengusutan kasus E KTP sangat merugikan rakyat mengingat kerugian negara akibat kasus tersebut mencapai 2,3 T rupiah. dan diduga melibatkan beberapa tokoh penting di lembaga pemerintahan dan DPR..Sidang paripurna DPR yang sering senyap tetapi dianggap memenuhi korum adalah sesuatu yang perlu dipertanyakan mengingat keputusan-keputusan yang diambil berdampak luas terhadap negara dan rakyat.

Sehubungan dengan itu, rakyat, sebagai pemegang kedaulatan tertinggi, perlu mengadakan hak angket dengan menyelidiki keputusan hak angket DPR tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Latar belakang yang sebenarnya dari dikeluarkannya Hak Angket DPR menyangkut perkara korupsi E KTP.

2. Keabsahan korum sidang-sidang paripurna DPR terutama sidang paripurna DPR tanggal 28 April 2017.

Apabila keputusan hak angket DPR di dasari kepentingan pribadi dari beberapa anggota DPR, dan korum sidang paripurna DPR tidak sah,maka scara institusi, DPR sudah cacat hukum. Oleh  karena itu rakyat perlu mengganti wakil-wakilnya di DPR dengan mengadakan pemilu yang dipercepat. Atau paling kurang melakukan PAW terhadap anggota-anggota DPR yang terbukti memiliki kepentingan pribadi  terhadap lahirnya Hak Angket DPR mengenai kasus korupsi E KTP.

Dengan kata lain rakyat perlu menyelamatkan lembaga negara yang terhormat ini,

Untuk menyelenggarakan hak angket ini, negara perlu membentuk komisi independen yang anggotanya berasal dari tokoh-tokoh masyarakat, perguruan tinggi, LSM dan pakar-pakar ketatanegaraan.

 

 

 

 

 

 

 



Hari ini: Mohamad mengandalkanmu

Mohamad Sjohirin membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Gunawan Mohamad: SELAMATKAN DPR". Bergabunglah dengan Mohamad dan 14 pendukung lainnya hari ini.