BUKA RIWAYAT PERJALANAN PASIEN POSITIF COVID-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Satu orang telah dinyatakan positif terinfeksi virus corona di Provinsi Jambi. Lewat konfrensi pers, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menyebutkan bahwa yang positif Covid-19 ini adalah seorang pria usia 55 tahun.

Seiring kondisi ini, masyarakat Jambi mulai resah. Mereka tidak tahu apakah mereka punya riwayat berdekatan atau bahkan bersentuhan dengan pasien Covid-19 tersebut. Hal ini karena Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi belum membuka ke publik riwayat perjalanan dari pasien tersebut.

Kami memandang perlu untuk membuka riwayat perjalanan seseorang yang dinyatakan telah positif terinfeksi virus corona. Hal ini untuk membantu masyarakat membuat keputusan, sebab menyangkut kesehatan dan keselamatan mereka. Akan sangat berbahaya bila mereka baru sadar telah melakukan kontak dengan pasien positif covid-19 saat kondisi kesehatan mereka sudah mulai menurun.

Untuk itu kami mendesak agar Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi segara membuka kepada publik catatan perjalanan pasien positif Covid-19. Kami menyadari bahwa rekam medis seseorang adalah hak privat. Namun informasi soal penyebaran virus kami sadari merupakan hak publik.

Seharusnya publik mendapat informasi yang jelas agar bisa membantu mereka mengambil keputusan terbaik demi keselamatannya. Kami tidak meminta supaya identitas pasien covid-19 dibuka, kami hanya meminta supaya riwayat perjalanannya segera diumumkan ke publik.