Memutus rantai CORONA dengan keterbukaan informasi ke publik

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sejak pertama kali ditemukannya kasus positif Covid-19 atau Novel Corona di Indonesia, informasi ODP, PDP, dan Positif Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat tidak tergambar dengan jelas. Hal ini mempersulit masyarakat untuk ikut pro-aktif mencegah penyebaran virus ini. Untuk itu, kami meminta agar pemerintah:

  1. Membuka informasi seluas-luasnya dan rinci tentang status dan lokasi/domisili orang yang dinyatakan ODP, PDP, dan Positif Covid-19 sehingga masyarakat menjadi lebih awas dalam mencegah penyebaran virus.
  2. Memutus mata rantai penyebaran virus dengan membatasi ruang gerak orang dalam area yang dinyatakan ada ODP, PDP, dan Positif Covid-19.
  3. Menerbitkan standar baku karantina orang yang datang dari luar daerah dengan pengawasan dan pengelolaan yang sistematis di bawah kendali pemerintah. Pemerintah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk tindakan pengaman area dimana ada orang yang berstatus ODP, PDP dan Positif Covid-19 guna memantau aktivitas masyarakat. 
  4. Mengambil tindakan LOCKDOWN berskala lokal jika ditemukan persebaran tinggi Covid-19 di suatu wilayah.
  5. Membangun sistem informasi yang lebih rinci dan akurat berdasarkan peta area terdampak dengan menerapkan penggunaan GPS dan kode pos area terdampak.
  6. Melindungi kebijakan diskresi penggunaan anggaran kelurahan/desa untuk tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 (misalnya, penggunaan dana kelurahan/desa untuk penyemprotan disinfektan dan pembuatan bilik disinfektan di wilayahnya).

Demikian petisi ini kami buat atas nama warga/masyarakat Nusa Tenggara Barat agar segera ditindaklanjuti sebagaimana mestinya sebagai langkah bijak memastikan keselamatan warga NTB. Kami tidak tinggal diam. Kami juga siap berperan aktif memutus mata rantai sebaran Corona di NTB.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua dari segala marabahaya.

#NTBlawanCORONA

Petisi ini dibuat oleh warga NTB yang tergabung dalam grup WhatsApp "NTB Lawan Corona" - https://chat.whatsapp.com/E8mP39icklCE9tizFCTsxC