Kemenangan

"Berantas narkoba dan miras : Selamatkan generasi muda (Jambi)"

Petisi ini membuat perubahan dengan 110 pendukung!


Pemuda ..!!! Pemuda adalah kader perubahan. Betapa tidak, peran pemuda dalam membangun bangsa ini memperjuangkan keadilan dan menolak kekuasaan. Generasi muda sebagai suatu konsep yang memerlukan penajaman sehingga mereka mampu meningkatkan peran serta fungsinya baik dalam dimensi pembangunan maupun dimensi regenerasi. Namun memang realita kehidupan pemuda pada zaman sekarang penuh dengan persoalan yang cukup kompleks seiring dengan masa transisi yang dialaminya, jika persoalan tersebut tampa adanya filterisasi maka dapat berdampak buruk bagi mereka hingga ikut terseret arus kebebasan yang negatif.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Upaya mempersiapkan, membangun dan memberdayakan pemuda agar dapat berperan sebagai pelaku-pelaku aktif dalam pembangunan khususnya di Provinsi Jambi dihadapkan berbagai permasalahan dan tantangan, munculnya berbagai permasalahan sosial yang terjadi pada usia remaja, diantaranya adalah tingginya angka kejahatan yang dilakukan oleh remaja akibat mengkonsumsi miras yang diakibatkan oleh bebasnya peredaran minuman keras yang sangat membahayakan.

Provinsi Jambi merupakan lahan subur bagi peredaran zat terlarang narkoba dan miras, berdasarkan data BNN tercatat 50.420 orang terjerat kasus dunia hitam tersebut sehingga Provinsi Jambi termasuk salah satu daerah pengguna narkoba dan miras terbesar ke-6 di Indonesia, maka permasalahan ini tidak dapat dipandang sebelah mata oleh pemerintah khususnya pemerintahan daerah Provinsi Jambi, harus ada langkah konkrit dan kesinergian antara pemerintah ( pemkab/pemkot, kantor kemenag, dinsos ) kepolisian ataupun masyarakat yang tidak hanya berjalan sendiri-sendiri. Diantara langkah tersebut seperti penegasan pada peraturan daerah, pendidikan bahaya miras melalui sosialisasi yang teratur dan rutin, dan penindakan tegas yang dilakukan bukan hanya pada "pemiras" melainkan juga terhadap penjual miras.

Selama ini pemerintah maupun aparat terkait hanya melakukan pembasmian disetiap usai razia, hal ini hanyalah untuk menghentikan sementara dan bukanlah langkah yang efisien untuk mengusut akar permasalahnnya. Langkah yang tegas oleh pemerintah (seharusnya) bukannya tampa alasan, ini sejalan dengan konstitusi kita yang meyakini setiap warga negara berhak untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dalam kehidupan  manusia merupakan  Hak Asasi  Manusia (HAM).

Dilema tidak berlakunya Keppres No. 3 Tahun 1997 tentang Miras oleh Mahkamah Agung (MA) mengakibatkan peredaran miras semakin meningkat lantaran terbukanya celah bagi pengedar atau penjual barang terlarang tersebut. Memang, sangat mengkhawatirkan bagi generasi muda akan kondisi yang seperti ini jika pemerintah daerah masih tidak menanganinya secara serius.

Semoga pemerintah bijaksana dalam menyelamatkan aktor penting dalam pembangunan yang sekaligus meningkatkan peran serta fungsi pemuda tampa MIRAS sehingga mewujudkan generasi muda yang partisipatif terhadap pembangunan dan peduli terhadap nilai-nilai luhur budaya masyarakat yang tertib dan dinamis.

-------------------------------------------------------------------

"Petisi ini merupakan bagian dari proses seleksi tahap 2 sebagai perwakilan provinsi JAMBI di Parlemen Muda Indonesia 2014"



Hari ini: Dovi Eka mengandalkanmu

Dovi Eka Wiranata membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Gubernur Provinsi Jambi |Sosnakertrans Provinsi Jambi: "Berantas narkoba dan miras : Selamatkan generasi muda (Jambi)"". Bergabunglah dengan Dovi Eka dan 109 pendukung lainnya hari ini.