Revisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) DIY 2018

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


UMK 2018 di DIY merupakan upah minimum kabupaten/kota yang akan diterima Oleh buruh/pekerja  mulai bulan Januari. Kenaikak UMP DIY 2018 merupakan yang terendah se Indonesia. Kenaikan UMK tahun ini hanya 8,71%, yang tentu hal ini tidak sebanding dengan kenaikan harga kebutuhan hidup layak. Apa Lagi berdasarkan berita BPS,DIY adalah Provinsi dengan tingkat ketimpangan ekonomi (gini ratio) tertinggi se Indonesia, selain Itu DIY merupakan Propinsi termiskin di Jawa dan nomor 3 secara nasional.

Meskipun demikian, Gubernur DIY tetap menerapkan upah murah/rendah di DIY. Berikut adalah besaran UMK di DIY: Kota Yogyakarta Rp 1.709.150, Kabupaten Sleman Rp 1.574.550, Kabupaten Bantul Rp 1.527.150, Kabupaten Kulonprogo Rp 1.493.250, Kabupaten Gunungkidul Rp 1.454. 200.

Besaran UMK tersebut masih sangat tidak layak untuk memenuhi kebutuhan hidup para pekerja atau buruh.Jangankan untuk menghidupi keluarga, untuk kebutuhan harian buruh saja dengan jumlah itu masih kurang

Berrdasar survei DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY, Pusat Studi Masyarakat (PSM) Jogja, dan Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Jogja, Kebutuhan HidupLayak (KHL) di DIY tahun 2017 sebagai berikut:,KHL tertinggi adalah Kabupaten Sleman sebesar Rp2,69 juta. Disusul Kota Jogja Rp2,67 juta, lalu Bantul Rp2,53 juta, Kulon Progo Rp2,24 juta, dan Gunungkidul Rp2,04 juta. 

 

Ketika upah sebagai alat untuk memenuhi Kebutuhan hidup rendah atau tidak cukup untuk membeli sepenuhnya Kebutuhan hidup layak tentunya ini akan mengakibatkan kehidupan masyarakat DIY Secara Umum atau buruh/pekerja Secara Khusus jauh dari kehidupan layak Dan ketimpangan Tetap Tinggi. Pada akhirnya hal ini tidak sejalan dengan Amanah UUD 1945 untuk menyejahterakan rakyat indonesia.

Maka, bagi siapa saja yang bekerja di Jogja, atau pernah tinggal dan kuliah di Jogja, atau punya teman dan saudara yang bekerja di Jogja, mari kita dukung dan tanda-tangani petisi ini, menjadi dorongan moral bagi Gubernur DIY untuk merivisi UMK DIY 2018

 

 



Hari ini: Rakyat Jogja Menggugat Upah mengandalkanmu

Rakyat Jogja Menggugat Upah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta: Revisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) DIY 2018". Bergabunglah dengan Rakyat Jogja Menggugat Upah dan 165 pendukung lainnya hari ini.