Evaluasi Peran Koperasi dan PT Penyelenggara Layanan Transportasi Online

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Saat ini para driver online diharuskan bernaung di sebuah badan usaha berbadan hukum yang memiliki izin angkutan sewa khusus agar dapat menjalankan profesinya sebagai driver online. Aplikator berperan sebagai perusahaan start up aplikasi online dan koperasi atau badan usaha lainnya (PT) yang menjadi penyelenggara.

Adapun peran koperasi atau PT sebagai penyelenggara yang ada saat ini tidak optimal. Koperasi atau PT yang ada hanya memungut Rp 35.000,-/minggu kepada driver online dan sangat minim kontribusi kepada driver online selaku mitra yang dinaunginya.

Angka Rp 35.000,-/minggu yang dipungut oleh penyelenggara (koperasi dan PT) terlalu besar ditengah minimnya peran dan kontribusi penyelenggara tersebut atas aneka persoalan yang dihadapi oleh driver online. Bilamana driver online mengalami suspend oleh pihak aplikator, penyelenggara tidak berperan optimal memberikan edukasi dan pengarahan maupun memberikan penjelasan yang konkret atas suspend yang dialami driver tersebut. Bilamana terjadi insiden di lapangan, peran koperasi dan PT tersebut juga sangat minim sekali bahkan cenderung tidak mau tahu, sedangkan driver online sendiri banyak yang tidak tahu bernaung di bawah koperasi atau PT apa dan berkantor di mana karena pihak aplikator yang otomatis mengarahkan driver online masuk di bawah naungan koperasi atau PT penyelenggara yang terdaftar di aplikator.

Seharusnya pola kemitraan driver online dengan koperasi dan PT selaku penyelenggara dioptimalkan agar sebanding dengan nilai kontribusi RP 35.000,-/minggu yang dipungut oleh penyelenggara. Seharusnya koperasi dan PT penyelenggara berperan lebih untuk para driver online selaku mitra kerja aplikator yang dinaunginya. 

Peran koperasi dan PT selaku penyelenggara untuk driver online seharusnya :

  1.  Ada satgas reaksi cepat 24 jam
  2. Ada bantuan santunan perawatan kecelakaan
  3. Ada subsidi denda tilang
  4. Ada subsidi biaya perbaikan bengkel mobil
  5. Ada subsidi pengurusan perizinan sesuai regulasi
  6. Ada pembinaan berkelanjutan untuk driver online

Aspirasi kami driver online :

  1. Evaluasi kinerja koperasi dan PT penyelenggara di aplikator
  2. Buka peluang koperasi dan PT yang memiliki izin angkutan sewa khusus untuk masuk di aplikator
  3. Akomodasi mitra driver online Uber bermigrasi ke Grab bersama koperasi penyelenggaranya
  4. Buka peluang seluas-luasnya untuk mitra driver online yang untuk mutasi dari koperasi dan PT penyelenggara yang minim kontribusi
  5. Perbaiki sistem agar memudahkan driver melakukan withdraw

Bila anda setuju agar Grab dan Gojek melakukan evaluasi terhadap koperasi-koperasinya dan perbaikan peran koperasi agar lebih meningkatkan pelayanan dan kontribusi positif ke driver online. Penyelenggara jangan menjadi penghisap darah dan keringat driver online.

Tandatangani petisi dan sebarluaskan agar ada perbaikan dalam system dan manajemen Grab dan Gojek terutama soal koperasi dan PT penyelenggara.

 

Driver online bersatu

Driver online kuat

Driver online sejahtera

Salam satu aspal



Hari ini: DRIVER ONLINE JAWA TIMUR mengandalkanmu

DRIVER ONLINE JAWA TIMUR membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "GRAB : Evaluasi Peran Koperasi dan PT Penyelenggara Layanan Transportasi Online". Bergabunglah dengan DRIVER ONLINE JAWA TIMUR dan 13 pendukung lainnya hari ini.