Hilangkan Kewajiban Menggunakan Bahasa Asing di Perusahaan, Kita Indonesia

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Berawal dari keluhan-keluhan rekan-rekan saya yang memiliki kompetensi teknis dibidangnya, namun keterbatasan dalam berbahasa Asing, menjadikannya kesulitan mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan.

Tanpa bermaksud untuk menolak globalisasi bahwa dengan memiliki kemampuan berbahasa Asing dapat bersaing menghadapi persaingan global, namun kondisi saat ini sudah cukup memprihatinkan, kita Bangsa Indonesia sendiri tidak lagi di pandang punya jati diri bangsa & negara, percakapan menggunakan bahasa Asing menjadi kewajiban di mayoritas perusahaan Indonesia.

Saya setuju untuk dapat bersaing dalam persaingan global kemampuan bahasa adalah prioritas, tetapi..

Jangan menghilangkan Jati Diri bangsa yaitu Bahasa Indonesia, Jangan menjadikan Bahasa Asing menjadi kewajiban komunikasi dalam setiap perusahaan. 

Okelah, para Investor sudah menaruh investasinya di Indonesia, tetapi apakah mereka tidak dapat menghargai kita sebagai pemilik tanah air ini dengan mengorbankan Bahasa Indonesia?

Secara notabene Penggunaan Bahasa Indonesia sudah di atur dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2009 2009 TENTANG
BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA, SERTA LAGU KEBANGSAAN (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/UU_2009_24.pdf) dibeberapa Pasal disebutkan bahasa resmi dan kewajiban penggunaan Bahasa Indonesia di Indonesia, antara lain :

  1. Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi : Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi nasional yang digunakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Pasal2
  3. Pasal 3 
  4. BAB III tentang Bahasa Negara yang terdapat 17 Pasal didalammnya mulai dari Pasal 25 hingga Pasal 41

Saya tidak pandai berkata-kata indah, dalam petisi ini saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk berjuang mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia dengan Bahasa Indonesianya, tolong bapak Mentri Ketenagakerjaan dan Bapak Presiden untuk dapat mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia yaitu Bahasa Indonesia dapat di tegakan mengingat hal tersebut sudah diperkuat dalam Undang-undang.

Semoga dengan Petisi ini, dapat diakomodir oleh pihak-pihak terkait.

Salam Bahasa Indonesia



Hari ini: Bangga Berbahasa Indonesia mengandalkanmu

Bangga Berbahasa Indonesia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia". Bergabunglah dengan Bangga Berbahasa Indonesia dan 7 pendukung lainnya hari ini.