ISI INI , JIKA KAMU PEDULI DENGAN TEMAN -TEMAN & ORANG TUAMU !!!

ISI INI , JIKA KAMU PEDULI DENGAN TEMAN -TEMAN & ORANG TUAMU !!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Seperti yang kita rasakan sekarang, dampak Pandemi Covid19 tentunya sangat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat mulai dari ekonomi Masyarakat menengah kebawah begitupun kalangan ekonomi menengah keatas. Berdasarkan Basis Data Terpadu dengan merujuk pada sumber TN2PK dan Pusat Badan Statistik 2019,
Total jumlah penduduk miskin dan rentan (desil 1-4) Kota Makassar 2019 sebesar 228. 091 jiwa. Desil 1: 81.975 jiwa, Desil 2: 84.552, Desil 3: 29.923 jiwa. Desil 4: 31. 641 jiwa.merujuk pada data tersebut kita dapat menarik benang merahnya bahwasahnya kondisi pandemi Covid19 sangat berpengaruh pada kondisi keuangan masyarakat kota Makassar. apalagi sejak diberlakukanya PSBB yang mengakibatkan angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) semakin meningkat. menurut kepala dinas tenaga kerja kota Makassar, Andi Irawan bangsawan, karyawan yang dirumahkan sejumlah 7.059 tenaga kerja yang berasal dari berbagai perusahaan di kota Makassar (Tribun Timur, 10/04/2020)

sejak dikeluarkanya informasi mengenai pembayaran BPP Universitas Muslim Indonesia, 8 April 2020 yang membahas terkait alur pembayaran perkuliahan via transfer, kami sebagai mahasiswa UMI menilai pihak Universitas kurang mempertimbangkan kondisi ekonomi mahasiswa saat ini, pasalnya biaya kuliah yang harus dibayar tidak mendapatkan keringanan sepersen pun padahal biaya operasional yang digunakan universitas sangat minim dikarenakan dialihkanya proses perkuliahan secara daring atau jarak jauh ,Hal tersebut dengan tegas kami anggap kurang selaras dengan UUD No 20 Tahun 2003 BAB III Pasal 4 Point 1 Tentang  Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan

"Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa" 

Pun juga dengan pandangan agama pada surah Al-maidah ayat 2 menjelaskan bahwa pentingnya saling tolong menolong antar sesama ummat Muslim Allah SWT berfirman :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya. – (Q.S Al-Maidah: 2)

Misalnya saja kisah tentang kebaikan Rasulullah kepada wanita buta Yahudi yang setiap hari selalu mencaci maki Rasulullah.

Jika kepada non muslim saja kita tetap diperintahkan untuk berbuat kebaikan, apalagi terhadap saudara sesama muslim sendiri, tentu seharusnya lebih ditekankan lagi. Dalam beberapa hadis, Rasulullah memberikan sebuah ilustrasi tentang bagaimana seharusnya kebersamaan dan persatuan sesama muslim itu dibangun dengan sikap saling tolong menolong. Di antaranya, hadis yang menggambarkan umat islam itu ibarat sebuah bangunan yang satu komponen dengan komponen lainnya harus saling menguatkan. 

Oleh karena itu, Kami atas nama Aliansi Mahasiswa FEB UMI mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI untuk menunda melakukan pembayaran BPP tahun ajaran 2020-2021, dengan mengisi Petisi dibawah ini.

Mari Tuntut Hak Kita , Diam Bukanlah Solusi !!!!