Petisi ditutup

Permintaan Maaf Ibu Elly Risman untuk SNSD

Petisi ini mencapai 8.791 pendukung


Ibu Elly Risman adalah seorang ahli parenting. Dengan tingkat pendidikan, gelar pendidikan dan profesinya, alangkah bijaknya bila beliau tidak memposting atau membuat pernyataan yang mendiskreditkan sekelompok orang tanpa verifikasi, dalam hal ini grup wanita atau girl group asal Korea Selatan, SNSD atau Girls Generation. Beliau menyatakan dalam unggahan akun Twitter pribadinya bahwa SNSD adalah simbol seks dan pelacuran, dengan mencantumkan dua url link atau tautan yang sebenarnya merupakan berita tentang music video grup wanita lain, EXID, bukan SNSD  dan tautan satu lagi yang berfotokan CL, mantan anggota grup wanita 2Ne1. Keduanya bukan SNSD. Beliau juga mempertanyakan letak kreatifnya SNSD, dan kreativitas apa yang akan ditampilkan.

Pernyataan bahwa SNSD adalah simbol seks dan pelacuran menurut saya adalah pernyataan yang berlebihan. Walaupun beliau mengutip dari sebuah artikel portal berita, seharusnya dengan kapasitas beliau sebagai ahli di bidang kesehatan parenting dan psikologi, berita tersebut harus di re-check atau diverifikasi faktualitasnya, sebelum di posting dalam akun pribadinya yang akhirnya menjadi viral dan menjadi perdebatan. Hal ini bukan saja menjadi sorotan di Indonesia, namun di Korea pun hal ini sudah diberitakan. Bukan tidak mungkin sebentar lagi Indonesia akan dipenuhi oleh cacian dan rundungan dari netizen internasional, yang menganggap bahwa ini merupakan pernyataan dari bangsa Indonesia, tidak menganggal sebagai pernyataan perseorangan. Generalisasi. Itulah kemungkinan yang akan terjadi. 

Hal ini bukan hanya merupakan masalah bagi Kpopers, sebutan bagi para penggemar musik KPop atau Sone, sebutan untuk penggemar SNSD, tapi merupakan masalah untuk kita. Begitu mudahnya melabeli sekelompok orang sebagai simbol seks dan pelacuran tanpa melakukan pencarian data atau sumber berita yang jelas, tidak memverifikasinya. Tentunya dengan pernyataannya ini, akan ada pihak yang merasa terisnggung ataupun tersakiti. 

Oleh karena itu, dengan hormat saya meminta kepada Ibu Elly Risman untuk meminta maaf atas pernyataan beliau tentang pelabelan SNSD sebagai band simbol seks dan pelacuran. Semoga ke depannya, Ibu dapat lebih bijak dan berhati-hati untuk menyampaikan tautan berita dengan memverifikasi terlebih dahulu kebenaran dan faktualitas berita tersebut, sebelum akhirnya menjadi viral seperti saat ini. 

Sebagai informasi, SNSD tidak tampil sebagai bintang tamu perayaan kemerdekaan RI, namun sebagai bintang tamu untuk acara Countdown Asian Games, ajang olahraga se-Asia, dimana Korea Selatan juga merupakan bagian dari peserta dan SNSD berasal dari negara tersebut yang popularitasnya sudah mendunia. Saya pun bukan merupakan Sone, namun saya miris dengan penyataan beliau sebagai seorang ahli parenting dan psikologi. 

Say no to hoax

Be wise and smart with social media

 

 



Hari ini: R mengandalkanmu

R G membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Elly Risman: Permintaan Maaf Ibu Elly Risman untuk SNSD". Bergabunglah dengan R dan 8.790 pendukung lainnya hari ini.