Jika Nama Kabupaten Ciamis Diubah Jadi Galuh, Ganti Juga Kec. Sukamantri dg Panjalu Utara

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Seiring dengan semangat mengembalikan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh, Jawa Barat, maka dengan ini Kecamatan Sukamantri di Ciamis patut diubah namanya menjadi Panjalu Utara.

Mengingat sejarah berdirinya Kerajaan Panjalu yang saat ini lokasinya di Kecamatan Panjalu, maka pemekaran sebagian wilayahnya di utara tak perlu nama lain, selain Panjalu Utara, supaya sejarah Panjalu tak dinihilkan bahkan dilupakan. Hendaknya sejarah yang baik menjadi semangat generasi hingga kapan pun untuk belajar dan menjadi lebih baik. Nama Sukamantri miskin filosofi dan makna.

Seperti pada nama Ciamis, yang dipandang miskin filosofi serta makna. Tak ada kejelasan dari mana kata tersebut, tercipta dan sebab akar budaya sehingga dipergunakan. Nama itu disematkan pemerintah dengan akar warisan pengaruh pemerintahan kolonial Belanda, yang diambil dari kata dari Ci dan Amis. Zaman dulu, Belanda memang memiliki semangat untuk menihilkan sejarah kerajaan dan bahkan kebudayaan di Indonesia.

Bahkan, dari kata itu tidak ada penerangan makna yang mana yang dimaksud "Amis" dalam bahasa Sunda yang harusnya berarti manis, ataukah Amis dalam bahasa Indonesia yang artinya anyir. Hal itu bertolak belakang dengan arti kata Galuh dari Kerajaan Galuh, yang menjadi pusat Ciamis yang sarat maknanya, positif juga filosofis. Galuh selalu dikaitkan 'galeuh ning galih'. Artinya intinya hati, hatinya orang Sunda, juga nama itu nama kerajaan besar pada masanya.

Sementara, nama Sukamantri berasal dari kata suka dan mantri, miskin arti filosofis yang luas serta akar sejarahnya. Mantri atau kalau wilayahnya namanya kemantren merupakan istilah dari zaman Belanda, yang saat ini lokasinya di utara Panjalu. Padahal arti Panjalu itu sendiri, merujuk pada makna kemegahan, kemenangan atau kekuatan, istilah "pan jalu!" bagi ibu-ibu zaman dahulu artinya tak boleh menangis, harus kuat dan berwibawa, dan dikenal sebagai nama kabuyutan atau kabataraan sebelum menjadi Kerajaan Panjalu di kemudian hari.

Panjalu juga berarti nama orang laki-laki Sunda dan ada yang  mengatakan mengacu kepada kepemilikan kanuragan. Di lain pihak, dalam arti yang sempit, Sukamantri dapat dengan mudah ditemui di beberapa wilayah Jawa Barat, berupa nama-nama kampung, nama desa, atau kecamatan, tidak khas merujuk kepada suatu wilayah dengan budaya atau tradisi tertentu yang memiliki sejarah panjang, apalagi tradisi adiluhung Sunda yang harusnya sebagai sejarah yang patut dihargai.

Petisi ini bertujuan untuk kembali menghargai budaya lokal, bukan budaya-budaya warisan kolonial. Budaya Indonesia yang majemuk, bukan feodal. Pastinya perubahan nama ini penting, mengingat nama ini menjadi identitas orang Panjalu di mana pun berada. Di rantau, keturunan orang Panjalu tidak mau menghilangkan nama Panjalu itu, dengan nama sempit warisan kolonial seperti Sukamantri, kami ingin Kecamatan Sukamantri di Ciamis saat ini, diubah atau diganti namanya menjadi Kecamatan Panjalu Utara.

Terima kasih.



Hari ini: E mengandalkanmu

E Saepuloh membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "E Saepuloh (Esa): Jika Nama Kabupaten Ciamis Diubah Jadi Galuh, Ganti Juga Kec. Sukamantri dg Panjalu Utara". Bergabunglah dengan E dan 13 pendukung lainnya hari ini.