Petisi ditutup

DUKUNG PEMDA INDRAMAYU PERBAIKI JALAN GANTAR - AL ZAYTUN, INDRAMAYU, JAWA BARAT, INDONESIA

Petisi ini mencapai 269 pendukung


Ruas jalan Gantar - Al Zaytun (Ma'had Al-Zaytun) Indramayu (atau di kalangan santri Al-Zaytun lebih populer dengan sebutan "Jalur GAZA" Gantar - Al Zaytun) sudah puluhan tahun sejak 1999, tidak pernah dilakukan perbaikan secara permanen oleh pihak pemerintah yang bertanggungjawab terhadap sarana jalan umum.

Jalur ini adalah jalan yang menghubungkan Gantar dan Ma'had Al-Zaytun, sebuah pesantren yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Indonesia.

Sudah menjadi ketentuan hukum bahwa Negara/ Pemerintah berkewajiban memberikan jaminan keamanan dan keselamatan warga masyarakatnya dalam berlalu lintas.

Seperti yang disebutkan dalam Pasal 203 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat (1) berbunyi: (1) Pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam Pasal 24 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan: (1) Penyelenggara Jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki Jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas.

Selama ini pihak Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) Al-Zaytun lah yang setiap tahun melakukan perawatan dan perbaikan ruas jalan tersebut secara mandiri. Tentu saja dengan jumlah dana yang tidak sedikit. Sedangkan Al-Zaytun selalu disiplin dalam pembayaran pajak-pajaknya, yang tentu saja berhubung kait dengan hak mendapatkan akses jalan yang memadai.

Sementara ruas-ruas jalan di sekitar jalan Gantar - Al Zaytun sudah dibenahi, dicor, mengapa jalur ini seperti diabaikan.

Bila jalur jalan ini dibenahi, diperbaiki secara permanen, maka sangat membantu kelancaran transportasi masyarakat umum dan civitas Al-Zaytun yang menggunakannya. Tentu saja sangat bermanfaat bagi perkembangan ekonomi masyarakat setempat (jarak tempuh lebih cepat) dan yang lebih penting adalah menjaga keselamatan warga yang menggunakan jalan tersebut. Sebab sudah ada beberapa kejadian warga yang mengalami celaka saat berkendaraan motor/ sepeda, karena terpeleset/ terperosok lubang jalan yang lebar dan cukup dalam.

Petisi ini adalah bentuk dukungan warga masyarakat kepada Pemda Indramayu untuk segera memperbaiki secara permanen (bukan perbaikan sementara, hanya ditambal sirtu) jalan Gantar - Al Zaytun tersebut.

Saya sebagai civitas Al-Zaytun yang setiap hari melintas jalan tersebut sangat berharap dukungan masyarakat luas terhadap isi dan tujuan petisi ini dibuat. Semua ini demi kebaikan bersama, bagi PEMDA INDRAMAYU dan segenap warganya.

SEMOGA ALLAH MEMUDAHKAN !!!



Hari ini: LATIEF mengandalkanmu

LATIEF WAHYU HARYONO membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "DUKUNG PEMDA INDRAMAYU PERBAIKI JALAN GANTAR - AL ZAYTUN, INDRAMAYU, JAWA BARAT, INDONESIA". Bergabunglah dengan LATIEF dan 268 pendukung lainnya hari ini.