Petisi ditutup

Dukung Hak Angket DPR Untuk Reformasi KPK

Petisi ini mencapai 139 pendukung


Menyambut Penggunaan Hak Konstitusional DPR

Ada salah kaprah dalam tradisi kita bernegara, kesalahan yang terus kita pelihara padahal jelas tidak berdasar dan bertentangan dengan hukum tata negara; yaitu bahwa kita selalu curiga jika hak-hak konstitusional DPR akan digunakan. Entahlah siapa yang curiga atau bahkan siapa yang takut terbuka, karena seluruh hal DPR sebenarnya hanya bersumber pada dua tindakan; bicara dan bertanya.

DPR adalah lembaga yang dipilih oleh rakyat untuk bertanya dan bicara; apa dasar saudara, apa kewenangan saudara, berapa uang rakyat terpakai, untuk apa, bagaimana memakai uang dan kewenangan saudara, sebagai pejabat negara. Begitulah pertanyaan anggota DPR. Ya, siapapun yang mendapatkan uang dan kewenangan dari negara semua boleh ditanya dan DPR adalah lembaga pengawas tertinggi di negara kita.

Maka, dengan disetujuinya usulan “penggunaan Hak Angket DPR kepada KPK terkait dugaan pelanggaran UU” maka rakyat seharusnya menyambut baik dengan haru dan sukacita. Mengapa, karena untuk itulah DPR dipilih agar bicara dan bertanya tentang semua yang selama ini ada dan tak ada yg berani bicara dan bertanya.

DPR sudah sehari-hari bicara dan bertanya lalu ini apa Bedanya? Bedanya adalah dalam Hak Angket ini bukan sekedar ditanya lalu dijawab sekedarnya tetapi ditanya dan diselidiki serta dikonfirmasi atas semua dugaan yang ada.

KPK lahir dengan UU No. 301/2002 lima belas tahun lalu. Tentu perlu perbaikan dan penyempurnaan. Maka penyelidikan ini akan menemukan semua hal apa adanya. Semoga ini bisa menjadi titik berangkat adanya sistem pemberantasan korupsi yang lebih komprehensif, profesional dan produktif di masa depan.

Salam,



Hari ini: Koalisi Masyarakat Untuk Reformasi KPK mengandalkanmu

Koalisi Masyarakat Untuk Reformasi KPK membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dukung Hak Angket DPR Untuk Reformasi KPK". Bergabunglah dengan Koalisi Masyarakat Untuk Reformasi KPK dan 138 pendukung lainnya hari ini.