@KBRI KL, Tinjau Kembali Prosedur Legalisasi Dokumen yg Rumit

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Keluhan saya ini mewakili beberapa teman yg menyuarakan keluhan yang sama tentang proses legalisasi dokumen terbitan lembaga-lembaga di Indonesia (misal: Akta Kelahiran dan Akta Nikah) di KBRI Kuala Lumpur yang sangat menyulitkan kami, warga negara Indonesia yang tinggal di Malaysia.

Berdasarkan kebijakan yang baru diberlakukan, KBRI KL mensyaratkan legalisasi dokumen-dokumen tersebut dilakukan terlebih dahulu oleh kantor Kementrian terkait (misal: Kemhukham dan Kemenag, dan Kemlu untuk Akta Nikah) di Indonesia sebelum dokumen tersebut di-legalisasi oleh KBRI KL.  

Hal ini tentu saja sangat menyulitkan, karena kami harus kembali ke Indonesia membawa dokumen tersebut dan mengurus legalisasi-nya di kantor-kantor kementrian di Jakarta.  Bagi yang punya tempat tinggal di Jakarta saja cukup merepotkan karena harus mendatangi kantor-kantor kementrian yang tersebar di beberapa lokasi, apalagi bagi WNI yang kebetulan tidak punya tempat tinggal di Jakarta.  Prosesnya pun cukup menyita waktu, menurut informasi bisa sampai 3 hari untuk masing-masing kementrian.  Sehingga kami harus cuti dari kantor kami di Malaysia, hanya untuk keperluan legalisasi.

Sangat sulit diterima, mengapa KBRI KL tidak mempercayai dokumen yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga resmi di Indonesia?  

Sebagai pembanding, proses legalisasi dokumen di KBRI lain ternyata sangat sederhana dan lebih masuk akal:

https://www.kemlu.go.id/moscow/id/layanan-konsuler/legalisasi.aspx

https://www.kemlu.go.id/singapore/id/layanan-konsuler/pelayanan-wni/Pages/Legalisasi-Dokumen.aspx

Dimohon pihak KBRI KL meninjau kembalik kebijakan baru ini, harapan kami bisa dikembalikan ke prosedur yang berlaku sebelumnya dimana KBRI KL dapat langsung melakukan legalisasi dokumen resmi RI tanpa harus ada referensi dari Kementrian di RI.



Hari ini: Hardi mengandalkanmu

Hardi Mardiana membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dubes RI Kuala Lumpur: @KBRI KL, Tinjau Kembali Prosedur Legalisasi Dokumen yg Rumit". Bergabunglah dengan Hardi dan 327 pendukung lainnya hari ini.