Selamatkan Hutan Adat Gunung Von

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Masyarakat adat Gunung Von adalah salah satu kelompok masyarakat adat suku asli yang mendiami pegunungan Pulau Seram tepatnya di Desa Atiahu Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku. Secara turun temurun suku pegunungan ini mendiami hutan sekaligus menjaganya sesuai tradisi leluhur sebagai tempat tinggal dan bertahan hidup. Kearifan lokal mereka cukup efektif menjadikan hutan pegunungan Pulau Seram tetap lestari walaupun banyak tawaran dari korporasi yang menawarkan sejumlah uang untuk menggadaikan hutan mereka.

Tapi kali ini ketenangan Gunung Von terusik oleh suara alat-alat berat yang meraung -raung membabat rapatnya hutan gunung rindang ini. Hutan yang secara turun temurun tempat tumbuhnya sagu yang menjadi sumber makanan pokok mereka pun terancam. Hutan tempat mereka berburu babi hutan itu kini telah diklaim oknum aparat desa Atiahu sebagai wilayah kekuasaannya. Imbasnya gesekan yang mengarah konflik horizontal menunggu titik ledaknya, hal ini ditandai sudah beberapa kali terjadi insiden intimidasi yang dilakukan preman - preman bayaran pemodal terhadap anak suku Von saat plesir ke desa sebab penolakan mereka terhadap aksi perusahaan logging yang menebangi pohon - pohon  di hutan adat Gunung Von ini. 

Pada minggu kedua November 2019 ini saya telah melaporkan kegiatan ini ke Balai Taman Nasional Manusela di Masohi dilengkapi dengan bukti-bukti dokumentasi di dalamnya ada pernyataan Kepala Suku Gunung Von Tete Atibam Lessa mengenai penolakan terhadap kegiatan logging di hutan adat tersebut. Lalu saya diarahkan ke Gakkum KLHK Pusat disertai bukti lainnya yang sangat prosedural sekali dimana pada saat situasi genting seperti sangat sulit saya memenuhinya antara lain saya harus mencatat nama perusahaan tersebut, bukti foto dengan gps, jarak sungai dan mata air terhadap titik penebangan serta tetek bengek lainnya.

Oleh karena itu melalui petisi ini saya memohon dukungan kepada kekuatan suara publik khususnya netizen untuk ikut menyuarakan jeritan parau Masyarakat Gunung Von demi lestarinya hutan adat mereka.