Mendesak Perusahaan Ritel Moderen Untuk Menggunakan Kantong Bioplastik (Biodegradable)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sekitar 70% Sampah plastik yang dibuang didarat akan berakhir di Laut. sampah plastik tersebut didominasi oleh kantong plastik sekali pakai. Perusahaan ritel yang semakin hari semakin menjamur, baik dikota maupun di dareh-daerah membuat produksi dan penggunaan plastik sekali pakai meningkat tajam dari tahun ketahun. saat ini banyak kampanye untuk menggunakan kantong belanjaan sendiri ketika berbelanja di pusat-pusat ritel. Namun hal itu tidak berpengaruh banyak terhadap konsumsi plastik sekali pakai, solusi terbaik adalah adanya desakan kepada Pengusaha Ritel untuk menggantikan (Replacing) kantong plastik konvensional, menjadi Kantong Bioplastik (Biodegradable) yang dapat hancur dengan sendirinya jika tertanam didalam tanah dan juga dapat larut didalam air dengan sendirinya dalam waktu 5-6 bulan, serta tentunya tidak berbahaya bagi makhluk hidup lainnya karena terbuat dari saripati tanaman.

Isu pengurangan sampah plastik belakangan ini kembali menjadi sorotan, tapi ada yang berbeda, saat ini kita tidak terpaku lagi pada slogan, 3R (Reduce,Reuse,Recycle). Saat ini sudah banyak ditemukan inovasi untuk menggantikan (Replace) plastik sekali pakai, sebagai imbas dari kesadaran masyarakat akan bahaya limbah plastik, salah satu contoh ialah BIOPLASTIK yang menjadi inovasi untuk menggantikan plastik konvensional sekali pakai.

Jika produksi plastik konvensioanl terus berlanjut karena penggunaannya yang terus meningkat, sedangkan limbah plasttik yang dihasilkan dari puluhan tahun lalu masih belum hancur hingga kini. Bumi hanya menghitung tahun untuk menjadi Planet Plastik, tidak adalagi planet biru yang dilihat para Astronot masa depan dari luar atmosfir bumi. Jangan sampai kita terhina oleh generasi mendatang karena tidak mampu menyisakan bumi yang mampu menunjang kehidupan mereka.

#Indomaret #Alfamart #Giant #Carrefour dll.



Hari ini: Ahwal mengandalkanmu

Ahwal Hidayat membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc: Mendesak Perusahaan Ritel Moderen Untuk Menggunakan Kantong Bioplastik (Biodegradable)". Bergabunglah dengan Ahwal dan 64 pendukung lainnya hari ini.