Bebaskan Jawa Timur dari Reklame Rokok

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Hai Para Generasi Millenium

Aku Dinda Maulidya Putri  dan Anca Laika mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kenapa kita tertarik untuk menyuarakan Bebaskan Jawa Timur dari Reklame Rokok ? Karena data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menyebutkan jumlah perokok anak-anak dan remaja di Jawa Timur mencapai sekitar 2.893.115 jiwa.

Jumlah ini terdiri dari perokok dibawah usia 10 tahun sekitar 11,5 persen dari total penduduk Jawa Timur di usia itu atau sama dengan 687.755 anak. Sedangkan jumlah perokok usia 10-14 tahun sekitar 23,9 persen atau 728.108 anak. Angka yang sangat fantastis terjadi pada anak-anak usia 15-19 tahun yang mencapai 46 persen atau 1.423.252 dari total penduduk Jawa Timur di usia itu yang pada tahun 2015 sebanyak 3.094.028 jiwa. 

Sebagai Generasi Millenium yang aktif dan dinamis kita harus membebaskan Jawa Timur dari Reklame Rokok yang menyebabkan pemuda atau generasi kita untuk merokok sejak dini. Aksi ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Jawa Timur yang harus dilakukan sejak dini.

Menurut Global Youth Tobaco survey tahun 2000 menemukan sebanyak 73 - 80 persen remaja terpapar iklan rokok berbagai jenis melalui bermacam media. Media yang banyak digunakan untuk mengiklankan produk tembakau adalah kegiatan olahraga, kegiatan-kegiatan remaja lainnya dan papan reklame atau billboards (80%). Sayangnya belum ada undang-undang yang mengatur tentang reklame rokok di Jawa Timur, bahkan Indonesia. Padahal berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa reklame rokok mempengaruhi pemuda untuk merokok. 

Dengan semangat yang membara, mari kita membebaskan Jawa Timur dari Reklame Rokok dengan menandatangani petisi ini demi menekan angka perokok usia dini di Jawa Timur. Partisipasi kamu, khususnya teman-teman generasi millenium dalam petisi sangat berarti.

Mari bersama sebarkan pesan pentingnya Pembebasan Reklame Rokok di Jawa Timur dan wujudkan Indonesia yang bebas dari asap rokok. Bersama Kita Bisa !!!

Salam,.

Dinda Maulidya dan Anca Laika



Hari ini: dinda mengandalkanmu

dinda maharani membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dr. H. Soekarwo: Bebaskan Jawa Timur dari Reklame Rokok". Bergabunglah dengan dinda dan 336 pendukung lainnya hari ini.