Revisi perda no​.​5/2014 KTR Kulonprogo

Revisi perda no​.​5/2014 KTR Kulonprogo

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


(kawasan) Boleh Merokok adalah hak masyarakat juga.

Bahwa perda nomer 5 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kab. Kulonprogo DIY telah nyata tidak memperhatikan hak asasi orang atau komunitas ataupun hak daripada sebagian masyarakat.

Awal perda ini adalah pergub DIY tentang KTAR pd tahun 2007 kemudian disusul perbup kab KP pd awal tahun 2009 masih berkisar Kawasan Tanpa Asap Rokok, meski membatasi aktivitas merokok namun sponsorship rokok di acara-acara masih boleh dengan aturan 18+. Hal ini sudah memberatkan penyelanggara acara di daerah ini, namun perbub belumlah selesai, pada tahun 2011 penjabat Bupati KP menginisiasi terbitnya perda KTR yg digodog bersama dprd dan diundangkan pd tahun 2014. Semenjak itu semua iklan dan kegiatan di kabupaten ini diberangus habis tanpa toleransi. Akibatnya kabupaten ini menjadi sangat sepi kegiatan seni dan olahraga yg berstandar bagus atau bahkan nasional.

Dampak dari penerapan perda KTR yg diterapkan secara total mengakibatkan hak-hak perokok telah dihabisi dan dari segi pemberdayaan masyrakat termasuk seni dan olahraga yg biasanya didukung dari sponsor rokok otomatis tidaj ada lagi, akibatnya kabupaten ini menjadi sepi kegiatan hiburan yg berstandar "bagus" yg mana berakibat pada kreativitas remaja yg tidak mampu berkompetisi dengan daerah lain dan juga ekonomi masyrakat menjadi stagnan karena minimnya acara-acara besar yg biasanya dibiayai sponsor rokok yg mendatangkan banyak orang.

Bahwa perda KTR ini tidak membawa dampak signifikan dari sudut pengurangan konsumsi rokok, hanya sebatas pencitraan saja.

Kami tidak menuntut revisi total perda KTR tapi kami meminta hak kami selaku perokok dan pengambil manfaat dari kegiatan yg diselenggarakan sponsor rokok. Kami hanya minta ada beberapa lokasi yg masih dioerbolehkan untuk sponsorship rokok umtuk boleh mengadakan kegiatan atau acara atau even.

Kami butuh dukungan anda semua masyarakat Kp yg sedianya perduli dengan situasi 10 tahun belakangan ini untuk membantu kami mendukung revisi perda no.5 thn 2014  KTR supaya ada sedikit ruang untuk kegiatan bersponsor rokok dapat bisa diadakan lagi di kab kita ini.

Demikian prolog sementara ini, ada lebih lanjut kami terbuka untuk ruang diskusi.

Atas nama Perwakilan kelompok pembuat petisi masyarakat untuk revisi KTR kab KP = Adam Nurcahyo 0882-3330-2006