Kawal REVISI UU 24/2007 Penanggulangan Bencana

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Nilda Saputri (21) dan Amir Karaeng (53) adalah penyintas bencana yang kehilangan hampir segalanya dalam banjir bandang Masamba Juli 2020. Bagi mereka Pemerintah harus bisa bertindak cepat dan tepat (BBC.com)

Rasa aman dan dijauhkan dari bahaya adalah HAK ASASI setiap manusia yang harus diupayakan oleh negara. Bencana adalah salah satu penyebab yang merengut rasa aman itu bahkan menggerus semua sendi kehidupan komunitas yang terdampak. Jangan lagi terjadi ribuan atau jutaan kisah Nilda dan Amir terulang.

Ancaman bencana di depan mata terus meningkat probabilitasnya di tanah air tercinta. Jika dirata-rata, dalam kurun setahun ini saja, ada 8 kali kejadian bencana per hari di Indonesia selain COVID-19.

Indonesia berhasil melakukan percepatan legislasi komitmen negara untuk menghadirkan rasa aman dari bencana pasca dua tragedi bencana besar, Tsunami Aceh 2004, dan Gempa Yogya-Jateng 2006, yaitu UU no 24 tahun 2007.

Penanganan bencana sejak Undang undang no 24 tahun 2007 bukan lagi sekedar upaya ad-hoc, sektoral dan karitatif, tetapi merupakan investasi ketangguhan masyarakat yang terkoordinasi dalam perencanaan pembangunan lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan.

Oleh karena itu petisi ini meminta Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk:

1. Memastikan penanggulangan bencana menjadi agenda prioritas Negara di seluruh sektor pembangunan dengan menjadikan pengurangan risiko bencana sebagai ruh utama RevisiUU 24/2007

2. Menetapkan dan memperkuat sebuah lembaga negara yang melakukan koordinasi dan komando penanganan bencana lintas sektor/kementrian.

3. Memastikan partisipasi aktif masyarakat, khususnya di daerah rawan bencana dalam perencanaan, penganggaran dan implementasi program pengurangan risiko bencana

Presiden Republik Indonesia, dan DPR RI, Indonesia Tangguh bencana adalah harapan kita semua dalam melakukan revisi UU no 24/2007 ini.

Mari semua warga negara yang tidak ingin melihat berbagai kejadian bencana yang merusak terjadi lagi, tandatangani PETISI INI. Terima kasih.

Credit Foto: Liputan6.com