TOLAK PARPOLISASI DPD!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Dewan Perwakilan Daerah terancam parpolisasi. Isi petisi! selamatkan DPD dari keserakahan partai politik!

Sebanyak 27 Anggota DPD berbondong-bondong menjadi pengurus Partai Politik. Sementara jabatan mereka sebagai Anggota DPD tidak dilepas. Ini konflik kepentingan. Kini, kelompok tersebut hendak merebut pimpinan DPD dengan cara merubah dan memberlakukan surut (retroaktif) Tata Tertib DPD mengenai masa jabatan pimpinan DPD yang awalnya 5 tahun menjadi 2,5 tahun. Jika upaya ini berhasil, maka akan terjadi parpolisasi DPD. Konflik internal DPD tidak bisa dihindarkan. Apa kerugian Anda sebagai pemilih dan konstituen ?


Pertama, Jika DPD direbut oleh partai politik, masih adakah wakil independen yang akan memperjuangkan aspirasi daerah Anda! Tidak ada, karena DPD tak ubahnya sebagai fraksi oleh salah satu partai yang saat ini juga memperoleh kursi di DPR. Tidak semua aspirasi anda bisa diperjuangkan partai karena tidak sesuai dengan visi-misi partai.

Kedua, Hak politik, suara Anda yang sudah anda titipkan kepada DPD sebagai wakil independen direbut oleh partai politik. Padahal partai sudah dibuatkan kamar khusus, yaitu DPR. Kepercayaan yang sudah Anda titipkan pada saat pemilu dikhianti oleh para Anggota DPD yang berpindah sebagai pengurus partai politik. Mereka sudah tidak bisa disebut sebagai wakil independen.

Ketiga, Hak warga negara untuk memperoleh wakil yang independen, berintegritas dan bersih untuk memperjuangkan aspirasi mereka di DPD terancam akan dikhianati oleh konflik kepentingan dan politik yang tidak beretika oleh para senator yang berpindah ke partai politik.


Oleh karena itu, mari kita meminta kepada:


Mahkamah Agung agar membatalkan revisi Tata Tertib DPD yang saat ini sedang di-judicial review di MA.

Kepada Anggota DPD yang berpindah ke partai politik agar melepaskan jabatannya sebagai Anggota DPD dan fokus mengurusi partai politik saj.

Kepada Badan Kehormatan DPD agar memberikan sanksi paling berat kepada Anggota DPD yang berpindah sebagai pengurus partai politik.



Hari ini: Ahmad mengandalkanmu

Ahmad Hanafi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "@DPDRI: TOLAK PARPOLISASI DPD!". Bergabunglah dengan Ahmad dan 186 pendukung lainnya hari ini.