Ubah Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Sudah menjadi rahasia umum bahwa masa berlaku maksimum untuk paspor Indonesia adalah lima tahun. Ini belum dipotong masa berlaku paspor untuk bepergian keluar negeri, dimana hampir semua negara tujuan dan bahkan maskapai penerbangan, mengharuskan para pejalan lintas negara, agar memiliki masa berlaku passport minimal enam bulan sebelum kadaluarsa. Dengan kata lain, paspor Indonesia hanya berlaku selama 4.5 tahun. Hal ini berbeda dengan negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan bebebrapa negara maju lainnya yang berlaku selama 10 tahun. Bahkan, Viet Nam dan Filipina juga sudah mengimplementasikan kebijakan serupa layaknya negara maju lainnya. 

Beberapa dampak  yang diakibatkan dari masa berlaku paspor yang hanya sebentar ini antara lain: 1. Fleksibilitas kita untuk bepergian keluar negeri menjadi terhambat, 2. Rugi waktu karena proses untuk membuat dan memperpanjang Paspor di Indonesia harus dua kali dalam satu dekade dan dengan proses masih njelimet dan tidak praktis, 3. Rugi finansial, sebab, biaya perpanjangan paspor, semakin mahal, utamanya E-Paspor, dan lagi, harus dua kali dalam satu dekade, sementara negara lain cukup satu kali, 4. Dampak negatif terhadap lingkungan karena masa berlaku paspor yang hanya lima tahun sama halnya mempercepat penebangan pohon.

Dan yang paling ironis dari semua itu adalah, paspor kita yang baru ditempel satu atau dua visa, atau baru dicap beberapa kali, bahkan hanya satu atau mungkin dua kali oleh pihak imigrasi, harus diganti dengan yang baru hanya gara-gara masa berlaku habis.

Dari hal itu, untuk kamu yang merasa jengah karena harus keseringan mengurus paspor, untuk kamu yang merasa bahwa waktu dan uang adalah salah dua investasi penting yang tidak boleh dibuang begitu saja, untuk kamu yang perduli terhadap lingkungan, dan untuk kamu yang percaya bahwa kita, sebagai warga negara yang besar ini, juga memiliki hak untuk mendapatkan paspor yang lebih manusiawi dan lebih ramah terhadap uang, waktu dan lingkungan, mari bersama-sama kita ikut melakukan perubahan, dengan meminta pihak Direktoran Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia untuk merubah masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun.

Bersama, kita bisa!



Hari ini: Hafiz mengandalkanmu

Hafiz Asad membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dirjen Imigrasi Kemenkumham: Ubah Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun". Bergabunglah dengan Hafiz dan 320 pendukung lainnya hari ini.