Diadakannya OSK Ulang karena Terindikasi Adanya Kebocoran Soal pada OSK SMA 2019

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pelaksanaan Olimpiade Sains Kabupaten merupakan ajang tahunan paling bergengsi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pelaksanaan OSK tahun 2019 diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 2019. Kendati demikian, ada lembaga pembimbingan OSK yang dengan sengaja membocorkan soal untuk diberikan kepada peserta didiknya. Soal tersebut sama persis dengan soal yang diujikan pada seleksi OSK. Hal ini tentu merugikan banyak pihak, di antaranya bagi siswa yang sudah bekerja keras meluangkan waktunya untuk belajar OSK dengan mengesampingkan tugas yang lain. Banyak pula yang telah menghabiskan uang untuk membeli buku panduan atau untuk mengikuti pelatihan yang tentu memakan biaya yang cukup besar.

Indonesia butuh kejujuran. Di manakah letak keadilan? Bukankah saat ini sedang digencarkan program integritas. Mengapa hal ini bisa terjadi bahkan untuk olimpiade setingkat OSK?

Kami menginginkan agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan OSK ulang supaya kami mendapat keadilan dan perlakuan yang sama serta tidak ada pihak yang dirugikan.